Ayo Cek di posisi mana BUMDes Anda saat ini? Rintisan, Mulai Berkembang atau Sudah Maju?

Bumdes.id Dalam menjalankan sebuah usaha pada umumnya pelaku usaha sudah memiliki rencana usaha yang mana di dalam rencana usaha tersebut terdapat poin-poin penting yang menjadi petunjuk dalam menjalankan usahanya, arah kebijakan, tujuan utama, langkah dan strategi mencapai tujuan dan berbagai poin penting lainnya.

Dengan adanya rencana usaha dan evaluasi yang dilakukan secara berkala maka pelaku usaha dapat melihat kondisi terkini dari usaha yang dijalankan, pelaku usaha akan mengetahui berada di posisi mana usaha yang dia jalankan saat ini, apakah sudah mendekati tujuan utama atau justru sudah melenceng dari rencana usaha.

Sama halnya dengan pelaku usaha dan perusahaan umum Badan Usaha Milik Desa pun tentu memiliki rencana usaha yang menjadi patokan dan pedoman dalam menjalankan unit usahanya, rencana usaha ini juga sama dengan yang disebutkan di atas memiliki berbagai poin penting yang dibutuhkan dalam menjalankan BUMDes.

Akan tetapi kita paham bahwa tidak semua dari kita memiliki kemampuan khusus untuk dapat melakukan Cek Kesehatan Usaha, untuk mengetahui kondisi terkini dari unit usaha BUMdes yang kita jalankan, jangan sampai terlihat sehat ternyata ada masalah serius yang sedang menggerogoti.

Oleh karena itu penting untuk kita melakukan Cek Kesehatan Usaha BUMDes, selain untuk mengetahui kesehatan secara menyeluruh, Cek Kesehatan Usaha Bumdes juga akan memberikan kita posisi BUMDes kita saat ini apakah Bumdes kita masih rintisan, mulai berkembang atau sudah maju.

CEK KESEHATAN USAHA
Merupakan assessment tool berbasis online untuk mengetahui kondisi pengelolaan usaha BUMDes ataupun UMKM saat ini. Kami telah melakukan riset untuk mengetahui apa saja faktor-faktor kunci yang membuat Bumdes tidak berjalan. Hasil riset tersebut kami bandingkan dengan pengalaman 30 tahun Korea Selatan menjalakan Gerakan Semaul Undong. Hasilnya, kami menemukan 8 faktor dominan yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya usaha Bumdes. Secara umum, alat ini berguna untuk :

  1. Alat pemeringkatan dan pengelompokan usaha
  2. Alat prediksi kegagalan usaha dan identifkasi area perbaikan
  3. Memberi rekomendasi umum program pendampingan selanjutnya

Hasil Cek Kesehatan Usaha selanjutnya kami Analisa untuk merumuskan bagaimana strategi intervensi yang tepat untuk menurunkan kegagalan usaha.

Beruntung bagi Anda #SahabatBumdes karena saat ini bumdes.id telah memiliki satu aplikasi yang didedikasikan khusus untuk membantu sahabat sekalian melakukan Cek Kesehatan Usaha BUMDes dengan aplikasi ini maka Anda dapat dengan mudah mengetahui posisi BUMDes yang sedang Anda jalankan.

Bagaimana cara melakukan Cek Kesehatan Usaha Bumdes? Caranya sangat mudah, seperti berikut:

1. Klik tautan www.cku.syncore.id
2. Isi Data Lengkap : Nama Desa, Nama Bumdes
3. Jawab Semua Pertanyaan sampai selesai.
4. Setelah selesai Menjawab pertanyaan Lakukan pendaftaran User untuk Login (untuk mendowload hasil)
5. Download Hasil Cek Kesehatan Usaha Bumdes milik Sahabat Bumdes.

Hanya perlu waktu 15 menit untuk tahu indikasi awal apakah Bumdes dalam kondisi sehat atau sakit.

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Ariyanto/Bumdes.id)

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *