Bagaimana Pengembangan Pasar Unit Usaha Bumdes?

Bumdes.id Sahabat Bumdes, setelah BUMDes berdiri dan unit usaha mulai dijalankan, maka akan banyak hal yang perlu dihadapi, salah satunya adalah mencari pasar potensial. Siapa yang akan menjadi target pasar potensial, tentu sudah ada dalam rencana usaha, yang perlu dilakukan adalah menarik pasar potensial untuk menjadi pelanggan dari pada unit usaha BUMDes.

Ketika unit usaha sudah berjalan, pasar sudah terbentuk, maka unit usaha BUMDes pun akan menghadapi atau menjalankan yang dinamakan pengembangan pasar. Apa itu pengembangan pasar? Pengembangan pasar adalah sebuah usaha yang dilakukan dalam meningkatkan penjualan dari hasil produk yang dihasilkannya. Kegiatan ini merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan pertumbuhan produktivitas perusahaan. Perusahaan dalam hal ini adalah unit usaha dan BUMDes itu sendiri.

Memahami pertumbuhan dapat dikategorikan menjadi Pertumbuhan Intensif yang dilakukan dengan cara: penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Kategori yang kedua adalah Pertumbuhan integratif yang dapat dilakukan dengan cara: integrasi ke belakang, integrasi ke depan, dan integrasi horizontal. Adapun kategori ketiga adalah pertumbuhan diversifikasi yang dapat dilakukan dengan cara: diversifikasi konsentrik, diversifikasi horizontal, dan integrasi konglomerat. (wikipedia.org)

Berdasarkan pada kategori pertumbuhan yang disebutkan di atas maka pengembangan pasar merupakan pertumbuhan yang dapat dikategorikan pertumbuhan intensif. Dengan jenis kategori pertumbuhan intensif ini pertumbuhan yang dicapai tidak mengubah sebuah sistem pemasaran perusahaan.

Bagaimana Cara Melakukan Pengembangan Pasar?

Untuk melakukan pengembangan pasar ada beberapa cara yang dapat dilakukan;

1. Pengembangan pasar secara geografis yaitu membuka pasar tambahan baik berupa perluasan regional, nasional dan internasional.

2. Selain perluasan wilayah, pengembangan pasar juga dapat dilakukan dengan cara mengembangkan versi atau varian dari produk, misalnya produk yang ditawarkan menggunakan kemasan yang lebih menarik, dari segi pelayanan dilakukan lebih istimewa.

3. Pengembangan dalam model promosi yaitu; memasang iklan pada media elektronik, cetak atau media-media sosial yang saat ini lebih mudah untuk di akses masyarakat.

Selain yang telah disebutkan di atas, tentu masih banyak cara yang dapat dilakukan dalam upaya mengembangkan pasar untuk unit usaha BUMDes, disesuaikan dengan jenis usaha yang dipilih oleh BUMDes.

Sebenarnya, untuk mengetahui apakah BUMDes kita telah melakukan Pengembangan Pasar dengan baik dan benar atau belum, dapat dilakukan pengecekan melalui Cek Kesehatan Usaha BUMDes. Hasil dari pada CKU-B ini dapat memberikan informasi posisi BUMDes kita saat ini, apa yang perlu dilakukan oleh unit usaha BUMDes di masa mendatang guna mencapai tujuan dari BUMDes.

Apa itu  Cek Kesehatan Usaha BUMDes?
Cek Kesehatan Usaha Bumdes (CKU-B) merupakan sebuah alat yang dikembangkan SYNCORE INDONESIA dan BUMDES.id untuk menentukan rating dan tipologi Bumdes. Rating dan  Tipologi  Bumdes  ini  bermanfaat  untuk memetakan  potensi  dan  kendala  unik  masing- masing Bumdes dan menentukan jalur pengembangan Bumdes. Rating dan Tipologi Bumdes juga bermanfaat untuk menjadi basis data dan baseline / titik nol pendampingan.

Apa Fungsi Cek Kesehatan Usaha BUMDes?
1. Alat pemeringkatan dan pengelompokan usaha Bumdes
2. Alat prediksi kegagalan usaha Bumdes dan identifikasi area perbaikan
3. Memberi Rekomendasi Umum untuk program pendampingan

Bagaimana Cara Melakukan Cek Kesehatan Usaha Bumdes?
Caranya sangat mudah, seperti berikut:
1. Klik tautan www.cku.syncore.id
2. Isi Data Lengkap : Nama Desa, Nama Bumdes
3. Jawab Semua Pertanyaan sampai selesai.
4. Setelah selesai Menjawab pertanyaan Lakukan pendaftaran User untuk Login (untuk mendowload hasil)
5. Download Hasil Cek Kesehatan Usaha Bumdes milik Sahabat Bumdes.

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Ariyanto/Bumdes.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *