Kriteria Tepat Calon Karyawan Unit Usaha BUMDes

Foto: Studi Banding TOT di Bumdes Amarta

Bumdes.id Sahabat BUMDes ketika kita sudah mendirikan BUMDes dan telah memiliki rencana usaha apa yang akan dijalankan oleh BUMDes maka kita perlu untuk memikirkan siapa yang akan menjadi karyawan atau petugas yang bertanggung jawab menjalankan unit usaha tersebut.

Mendapatkan pekerja atau karyawan untuk BUMDes memang tidak mudah, karena perlu banyak  pertimbangan, hal ini dimaksudkan agar unit usaha BUMDes diisi oleh orang yang tepat (Sumber Daya Manusia) yang memiliki kompetensi mumpuni di bidangnya.

Ketika unit usaha BUMDes dijalankan oleh Sumber Daya Manusia yang tepat, memiliki kemampuan yang mumpuni, kualifikasinya sesuai, maka BUMDes dapat berjalan sesuai dengan rencana usaha yang telah dibuat. Karen itu diperlukan metode atau dasar dalam memilih karyawan BUMDes atau Unit Usaha BUMDes.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan, menjadi syarat dalam memilih atau melakukan rekrutmen karyawan unit usaha BUMDes:

1. Kemampuan Dasar (Capability)

Orang yang akan menjadi  karyawan BUMDes harus memiliki kemampuan dasar atau Capability yang dibutuhkan untuk melakukan tugas atau pekerjaannya. Kemampuan dasar ini berkaitan dengan kemampuan nalar, kecerdasan, dan sistematika atau cara berpikir.

Seorang calon karyawan BUMDes dapat disebut memenuhi kriteria kemampuan dasar atau capable dengan tugas dan pekerjaannya, jika memiliki tingkat kecerdasan yang dibutuhkan seperti disebutkan di atas.

Dalam proses penentuan capability ini juga harus disertai dengan skill atau keahlian dalam melakukan pekerjaan di bidangnya. Ketika calon karyawan tidak memiliki capability yang disyaratkan maka calon karyawan tidak akan mampu melaksanakan tugas atau pekerjaannya.

Bagaimana cara menilai seorang calon karyawan memiliki capability yang sesuai dengan pekerjaan yang akan dijalankan oleh unit usaha BUMDes? Yaitu dengan cara melakukan serangkaian tes dan wawancara. Sehingga tidak hanya melihat ijazah atau keahlian tertulis semata, namun benar-benar melakukan tes langsung.

2. Kejujuran dan Integritas (Credibility)

Seperti banyak pepatah yang menekankan bagaimana pentingnya sikap jujur dan integritas seseorang dalam kehidupan, hal ini juga berlaku dalam pekerjaan. Kita perlu mencari calon karyawan yang benar-benar jujur dan memiliki integritas tinggi.

Syarat Kejujuran dan Integritas yang dimaksud  adalah dengan menemukan calon karyawan yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan untuk memikul tanggung jawab dengan baik dan benar.

Bagaimana cara menilai kredibilitas seseorang? Yaitu dengan cara melihat rekam jejak dari pekerjaan sebelumnya, dan rekam jejak dalam bermasyarakat.

Baca Juga: Yakin BUMDes Anda Berjalan Sesuai dengan Tujuan Pendirian?

3. Kapasitas Kemampuan (Capacity)

Calon karyawan unit usaha BUMDes perlu untuk diketahui apakah memiliki kapasitas kemampuan yang dibutuhkan oleh unit usaha yang akan dijalankan, apakah calon karyawan benar-benar memiliki kapasitas dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya.

kapasitas dan kemampuan seorang karyawan ditunjukkan dengan keahlian memecahkan masalah (problem solving), mengerjakan beban kerja yang mungkin berat, mengatasi stres akibat pekerjaan, membuat prioritas dan sebagainya.

Bagaimana cara menilai kapasitas kemampuan seorang karyawan? Yaitu salah satunya dengan memberikan beban kerja yang tinggi (maksimal) dan deadline (batas waktu pekerjaan). Seorang karyawan yang memiliki kapasitas tinggi biasanya akan mampu mengatur dan mengatasi pekerjaan secara maksimal bahkan dalam kondisi waktu yang terbatas atau mepet.

4. Perilaku Dasar (Character)

Setiap manusia memiliki  watak dasar yang ditunjukkan dalam perilaku atau kehidupan sehari-hari. Perilaku dasar manusia dapat dilihat seperti, sopan-santun, tata krama, kemampuan mengendalikan emosi dan bagaimana dia merespons terhadap suatu kejadian.

Dengan melihat perilaku dasar seorang calon karyawan maka BUMDes dapat menentukan apakah calon karyawan tersebut cocok untuk melakukan pekerjaan unit usaha BUMDes atau tidak. Bagaimana caranya? Yaitu dengan cara kita membandingkan perilaku dasar calon karyawan tersebut dengan rincian tugas yang akan dikerjakan.

5. Kreativitas (Creativity)

Dalam menjalankan unit usaha selayaknya dunia usaha pada umumnya pasti akan menemukan kondisi yang mana diperlukan kreativitas dalam menyelesaikan masalah yang muncul secara tiba-tiba atau tidak terduga.

Oleh karena itu diperlukan karyawan yang memiliki daya kreatif dalam menyelesaikan masalah yang ada, kreatif dalam menentukan arah usaha sehingga menjadi lebih efektif, efisien, cepat dan menguntungkan.

Bagaimana ciri karyawan yang memiliki kreativitas? Seseorang yang memiliki kreativitas tinggi terlihat dari cara berpikir out of the box atau di luar dugaan orang banyak, memiliki banyak perspektif baru dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul secara tiba-tiba, dan dapat berkreasi menjadikan persoalan sebagai peluang baru.

Baca Juga: Cara Melihat Apakah Unit Usaha Kita Sehat?

6. Kecocokan dan Kepatuhan (Compatibility)

Unit usaha BUMDes yang sukses tentu memiliki karyawan yang memiliki sikap kepatuhan dan kecocokan dengan budaya kerja yang dimiliki BUMDes, yaitu karyawan yang dapat bekerja sama dengan tim dan dapat bergaul dengan orang atau lingkungan sekitarnya, memiliki kesamaan persepsi dalam mencapai tujuan BUMDes.

Budaya kerja yang dimiliki BUMDes menjadi penting untuk diterapkan oleh semua karyawan BUMDes, karenanya kita perlu sejak awal menempatkan karyawan yang memang cocok dan patuh terhadap budaya dan cara kerja BUMDes.

7. Kesungguhan dan keseriusan (Commitment)

Menjalankan unit usaha BUMDes bukan perkara mudah, diperlukan Sumber Daya Manusia yang memiliki sikap bersungguh-sungguh dan serius dalam menjalankannya, karenanya maka sangat penting mendapatkan karyawan yang memiliki komitmen tinggi dalam menjalankan unit usaha BUMDes.

Dalam melakukan rekrutmen karyawan kita perlu mencari karyawan yang memiliki kesungguhan dalam menyelesaikan tugas, walaupun dalam kondisi yang sulit, memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas dan pekerjaannya.

Sahabat Bumdes, demikian telah kita bahas bersama kriteria dasar yang dapat digunakan BUMDes dalam merekrut calon karyawan, semoga dengan melihat syarat-syarat tersebut kita dapat mendapatkan karyawan yang benar-benar sesuai dan tepat untuk diberi tugas dan tanggung jawab dalam menjalankan unit usaha BUMDes.

Tentu saja, kita harus bersikap profesional dalam melakukan rekrutmen karyawan layaknya perusahaan pada umumnya hal ini demi suksesnya dan berjalannya unit usaha yang BUMDes jalankan.

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumdes.

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Ariyanto/Bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *