Pentingnya Digital Marketing untuk Kemajuan BUMDES

Pentingnya Digital Marketing untuk Kemajuan BUMDES

Selamat Pagi sahabat bumdes, seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kita sedang memasuki era Industri 4.0 / Era Digital. Hampir semua sistem yang kita jalankan dalam kehidupan ini dibuat program yang membantu kita dalam menyelesaikannya.

Sudah kita ketahui bersama bahwa di akhir-akhir Presiden RI Bapak Joko Widodo mulai menyinggung perihal kinerja BUMDES yang didapati banyak yang mangkrak. Banyak hal yang menyebabkan ini terjadi mungkin salah satunya adalah kurangnya pemanfaat Media Digital dalam mempromosikan produk usaha bumdes.

Namun tentunya ada banyak permasalahan yang didapatkan dari sebuah BUMDES ini, untuk itu bagi sahabat bumdes sebaiknya terlebih dahulu untuk melakukan cek kesehatan usaha bumdes ini di website bumdes.id

Cara yaitu bisa langsung mengunjungi website bumdes.id lalu klik tombol cek kesehatan usaha atau bisa langsung berkunjung ke cku.syncore.id ini. Aplikasi Cek Kesehatan Usaha Bumdes ini berfungsi untuk mengetahui sejauh mana posisi bumdes saat ini.

Dengan hasil cek kesehatan ini maka selanjutnya tim bumdes.id akan memberikan solusi terbaik guna meningkatkan pendapatan sebuah unit usaha bumdesnya.

Meskipun demikian tetap saja kita harus setidaknya bisa untuk membuat media digital promosi guna lebih meningkatkan tingkat jangkauan usaha bumdes kita.

Berikut ini adalah beberapa tahapan pemanfaataan media digital untuk bumdes :

  • Harus mempunyai Media Social

Banyak orang yang menggunakan Media Social untuk berbagai macam informasi, salah satunya adalah untuk media promosi sebuah produk. Dengan memiliki Media Social ini diharapkan sebuah unit usaha bumdes akan lebih banyak menjangkau pasar.

Pemanfaat media social ini penting guna memberikan kepercayaan yang lebih untuk unit usaha bumdes yang dijalankan ke calon customers.

  • Memanfaatkan Marketplace

Mungkin salah satu trend belanja sekarang adalah penggunakan marketplace seperti shoope, tokopedia, blibli, bukalapak dll. Marketplace ini memiliki banyak sekali pasar yang tersebar luas seluruh Indonesia.

Apalagi Marketplace ini memiliki sebuah cara sendiri untuk memasarkan produk-produknya salah satunya adalah lewat Flash Sale. Namun jika unit usaha bumdes kita ini menjual sebuah produk yang nyata, tidak ada salahnya jika kita ikut di dalamnya.

  • Memiliki Website

Website ini adalah salah satu media promosi yang terbukti cukup efektif dan bisa menjangkau semua kalangan. Website ini seperti sebuah toko yang buka 24 Jam, dimana pelanggan akan dengan mudah menemukan berbagai macam barang dari yang terlihat diwebsite ini.

Dari ke Tiga tahapan tersebut diatas semuanya bisa kita pelajari secara otodidak maupun dengan mengikuti pelatihan digital marketing. Sekedar Informasi bahwa Sekolah Bumdes/bumdes.id juga membuka Pelatihan Digital Marketing ini setiap bulannya.

Jika anda tertarik untuk mengikuti Pelatihan Digital Marketing untuk Bumdes ini silahkan langsung saja hubungi 085 772 900 800. [Ahmad/bumdes.id]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *