Presiden Jokowi Geram Ada BUMDes mangkrak, jangan sampai BUMDes Anda ikutan mangkrak Ayo Cek Kesehatan Usaha Bumdes sekarang!

Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo meminta Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes) untuk terus direvitalisasi agar menjadi penggerak ekonomi desa. BUMDes harus mampu memberi manfaat berupa Pendapatan Asli Desa. Hal ini diungkapkan tidak lain karena Presiden Jokowi mendapat laporan ada 2.188 BUMDes yang tidak beroperasi atau mati suri, dan ribuan BUMDes lainnya tidak bekerja secara optimal.

“Saya mendapatkan laporan bahwa ada 2.188 BUMDes tidak beroperasi dan ada 1.670 BUMDes yang beroperasi tapi belum memberikan kontribusi pada pendapatan desa. Ini tolong menjadi catatan,” kata Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Di kesempatan yang sama Presiden Jokowi meminta agar BUMDes yang selama ini telah didanai dengan adanya dana desa bisa mulai melakukan kemitraan dengan sektor-sektor swasta besar. Selain itu BUMDes juga harus bisa membuka chanel distribusi, hal ini dimaksudkan agar produk unggulan di desa bisa masuk ke pasar nasional dan pasar global.

Presiden Jokowi mencatat, selama ini total dana desa yang dialokasikan dalam APBN dalam kurun waktu kurang lebih lima tahun adalah sebesar Rp 329,8 Triliun.

Karenanya Presiden Jokowi mengingatkan bahwa angka dana desa itu sangat besar. Kita dapat melihat misalnya pada APBN 2020, anggaran dana desa akan meningkat menjadi Rp 72 Triliun. Sebuah angka yang sangat besar, dan tentu saja menjadi angin segar dalam pembangunan desa.

Jangan sampai BUMDes Anda Mangkrak! Lakukan Cek Kesehatan Usaha Sekarang!

Dengan adanya dana desa yang besar, harapannya BUMDes dapat tampil sebagai badan usaha yang unggul dan menjadi andalan desa. Bukan malam hilang dan tersisa papan nama. BUMDes jangan hanya sebagai bagian untuk mengunduh dana desa, BUMDes harus benar-benar dikelola dengan baik, dan jangan ada kata ‘gulung tikar’ mengingat gelontoran dana yang besar.

Oleh karena itu, untuk menghindari BUMDes mengalami gulung tikar atau bangkrut, perlu untuk melakukan cek kesehatan usaha BUMDes, sehingga BUMDes benar-benar paham posisinya saat ini dan apa yang ingin dicapai/target di masa mendatang.

Tidak mudah memang melakukan identifikasi tentang kesehatan suatu usaha, namun ini adalah kunci sukses sebuah usaha, kita dapat melihat perusahaan-perusahaan besar selalu waspada dan melakukan evaluasi secara rutin, melakukan penilaian di berbagai lini, tujuannya jelas untuk mengetahui secara menyeluruh apakah dalam badan perusahaan ada unit atau bagian yang tidak sehat, sehingga dapat segera diatasi atau disembuhkan sebelum menjalar ke seluruh tubuh.

Beruntung bagi Anda #SahabatBumdes karena saat ini bumdes.id telah memiliki satu aplikasi yang didedikasikan khusus untuk membantu sahabat sekalian melakukan Cek Kesehatan Usaha BUMDes dengan aplikasi ini maka Anda dapat dengan mudah mengetahui posisi BUMDes yang sedang Anda jalankan.

Bagaimana cara melakukan Cek Kesehatan Usaha Bumdes? Caranya sangat mudah, seperti berikut:

1. Klik tautan www.cku.syncore.id
2. Isi Data Lengkap : Nama Desa, Nama Bumdes
3. Jawab Semua Pertanyaan sampai selesai.
4. Setelah selesai Menjawab pertanyaan Lakukan pendaftaran User untuk Login (untuk mendowload hasil)
5. Download Hasil Cek Kesehatan Usaha Bumdes milik Sahabat Bumdes.

Hanya perlu waktu 15 menit untuk tahu indikasi awal apakah Bumdes dalam kondisi sehat atau sakit.

Apa itu  Cek Kesehatan Usaha BUMDes?
Cek Kesehatan Usaha Bumdes (CKU-B) merupakan sebuah alat yang dikembangkan SYNCORE INDONESIA dan BUMDES.id untuk menentukan rating dan tipologi Bumdes. Rating dan  Tipologi  Bumdes  ini  bermanfaat  untuk memetakan  potensi  dan  kendala  unik  masing- masing Bumdes dan menentukan jalur pengembangan Bumdes. Rating dan Tipologi Bumdes juga bermanfaat untuk menjadi basis data dan baseline / titik nol pendampingan.

Apa Fungsi Cek Kesehatan Usaha BUMDes?
1. Alat pemeringkatan dan pengelompokan usaha Bumdes
2. Alat prediksi kegagalan usaha Bumdes dan identifikasi area perbaikan
3. Memberi Rekomendasi Umum untuk program pendampingan

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Ariyanto/Bumdes.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *