Saatnya Desa dan Bumdes Memanfaatkan Media Digital

Kelas digital marketing desa
Kelas digital marketing Sekolah Bumdes

Bumdes.id Kita memasuki era digital, setidaknya sejak 10 tahun terakhir ini berbagai lini kehidupan berangsur beralih menggunakan media digital sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari; baik dalam bidang bisnis atau pun personal.

Jika Anda bertemu dengan seseorang yang baru kemudian berkenalan mungkin hal yang akan ditanyakan tidak lagi cukup seputar asal daerah atau alamat tinggal atau nomor telepon semata, namun sudah masuk pada ranah personal dari orang tersebut seperti akun media sosial yang mereka miliki.

Hal ini sebagai tanda paling dasar bahwa kebutuhan seseorang untuk hadir di ranah digital, terhubung dengan berbagai milyaran orang lainnya di seluruh dunia, terbuka profil diri yang dapat diakses oleh siapa saja, telah menjadi satu kebutuhan atau ciri seseorang yang tidak dapat dipisahkan sepenuhnya dari kehidupan nyata.

Jika setiap orang sudah terhubung dalam jaringan ‘internet’ dan menjadikan internet sebagai bagian tak terpisahkan dari dirinya, maka kita sebagai pelaku usaha, sebagai seseorang yang ingin menangkap peluang, ingin menjual produk atau jasa, pun menjadi wajib hadir di antara dunia serba Online tersebut.

Ini bukan berarti kita meninggalkan model pemasaran konvensional, namun bagaimana model pemasaran untuk dapat menjangkau pasar dari perilaku yang berubah, jika sebelumnya kita menyebar brosur cetak dan tidak dapat mengetahui seberapa besar peluang yang akan didapatkan dari hasil menyebar brosur cetak tersebut, di era digital dengan strategi marketing digital maka kita bisa mengukur setiap saluran pemasaran, kita dapat menentukan target, menentukan waktu, menentukan biaya pemasaran yang dapat dikukur dan dipantau sesuai kebutuhan.

Kemajuan teknologi, barangkali masih banyak yang beranggapan hanya berputar di kota saja, namun melalui kehadiran era digital yang serba Online ini, manfaat dari teknologi tidak lagi dibatasi wilayah, kita yang berada di desa pun dapat memanfaatkan teknologi digital untuk berbagai kepentingan seperti disebutkan di atas yaitu sebagai media pemasaran Online.

Manfaat digital marketing bagi unit usaha BUMDes
Pemanfaatan digital marketing memiliki beberapa keunggulan, antara lain:
1. Biaya jauh lebih murah daripada pemasaran konvensional;
2. Target bisa diatur sesuai demografi, domisili, gaya hidup, dan bahkan kebiasaan;
3. Hasil cepat terlihat sehingga pemasar dapat melakukan tindakan koreksi atau perubahan apabila dirasa ada yang tidak sesuai;
4. Dapat diakses kapan pun tidak terbatas waktu;
5. Hasil dapat diukur, misalnya jumlah pengunjung situs, jumlah konsumen yang melakukan pembelian Online;
6. Jangkauan lebih luas karena tidak terbatas geografis;
7. Bisa melakukan engagement atau meraih konsumen karena komunikasi terjadi secara langsung dan dua arah sehingga pelaku usaha membina relasi dan menumbuhkan kepercayaan konsumen.

Bagaimana Langkah Awal yang dapat Bumdes lakukan untuk memasuki era digital marketing?

1. Membuat akun media sosial untuk Bumdes dan unit usaha Bumdes;
2. Membuat nama akun yang sederhana, mudah diingat, menjelaskan tentang usahanya, dan memiliki nama yang sama dengan platform media sosial lain yang digunakan;
3. Post secara berkala dan rutin, disesuaikan dengan โ€œgolden momentโ€;
4. Usahakan setiap post selalu berkaitan dengan usaha;
5. Buatlah tanda pagar (hashtag) unik yang mencirikan usaha kita dan gunakan itu di setiap post;
6. Jawab segala pertanyaan yang ditanyakan oleh follower untuk menandakan bahwa akun aktif.

Kekuatan Bersama Warga Desa dengan Media Digital
Sebagai contoh bagaimana media digital dapat menjadi kekuatan luar biasa dalam melakukan branding desa kita, misalnya di desa kita memiliki potensi makanan khas, kerajinan, atau tempat wisata.

Di desa kita setidaknya kita kumpulkan 100 pengguna media sosial, jika mereka melakukan promosi tentang potensi yang ada di atas secara bersamaan, teratur dan konsisten, bayangkan bagaimana sebaran yang akan terjadi dari 100 akun tersebut.

Maka, tidak sekedar mimpi jika desa kita akan segera viral, produk potensi desa akan dikenal masyarakat luas, dan pada akhirnya desa dapat mendapatkan keuntungan begitu juga dengan warga desa yang ada.

Seperti itu sederhananya kekuatan dari pemasaran di era digital yang dapat kita lakukan di desa kita. Lebih lengkap mengenai bagaimana Strategi Digital Marketing, silakan dapat menghubungi kami untuk jadwal pelatihan Strategi Digital Marketing.

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
๐—•๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ท๐—ฎ๐—ฟ ๐—•๐˜‚๐—บ๐—ฑ๐—ฒ๐˜€ ๐—ฌ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฆ๐—ฒ๐—ธ๐—ผ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—•๐˜‚๐—บ๐—ฑ๐—ฒ๐˜€ โ€“ ๐—ฃ๐˜‚๐˜€๐—ฎ๐˜ ๐—ฃ๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ถ๐—ฑ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฃ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐˜๐—ถ๐—ต๐—ฎ๐—ป ๐—•๐˜‚๐—บ๐—ฑ๐—ฒ๐˜€. (Ariyanto/Bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *