Tips membuat akun Instagram untuk Desa dan Bumdes

Tips membuat akun isntagram untuk Desa dan Bumdes
Tips membuat akun isntagram untuk Desa dan Bumdes

Bumdes.id Tips membuat akun Instagram; Melihat perkembangan era digital saat ini, memasuki tahun 2020 tentu akan lebih banyak lagi perubahan yang dihasilkan dari era digital 4.0, karenanya kita perlu untuk mengupgrade pengetahuan kita seputar perkembangan baik jangka pendek menengah dan jangka panjang dari era digital ini.

Keberadaan era digital yang paling umum dapat kita lihat dan rasakan adalah kemunculan sosial media yang seakan menjadi dunia kedua dari hidup masyarakat, yang mana masyarakat kini saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya seolah tanpa batas jarak dan waktu.

Lingkung pertemanan dan kehidupan sosial tidak lagi terbatas jarak atau daerah asal, seseorang bisa melalang buana jauh menebus jarak dan waktu, bersosialisasi dengan orang lain di belahan dunia yang lain.

Selain itu kemudahan dalam mendapatkan atau mengakses informasi juga menjadi salah satu ciri yang paling umum dari keberadaan era digital ini, era yang saling terhubung satu dengan yang lainya, era yang dapat dimanfaatkan sebagai media menyebar luaskan potensi yang kita miliki.

Melihat dari era digital yang terus berkembang, dan pola kehidupan masyarakat yang sudah mengikuti atau terbawa dengan era digital, maka kita harus bisa menangkap peluang dari era digital ini, salah satunya ikut ambil bagian, misalnya denganย  memasarkan potensi yang kita miliki di desa kita atau BUMDes yang kita jalankan.

Baca Juga: Saatnya Desa dan Bumdes Memanfaatkan Media Digital

Era digital, maka pemasaran pun beralih menjadi pemasaran digital atau istilah umumnya adalah digital marketing, maka dalam kesempatan kali ini dalam seri Digital Marketing Desa, kami akan mengulas hal paling dasar dalam digital marketing yaitu membuat akun media sosial untuk produk atau jasa yang kita tawarkan, dalam hal ini kita membuat akun media sosial untuk Desa kita dan Bumdes yang kita kelola.

Bagaimana membuat Akun Instagram untuk Desa dan Bumdes yang baik dan seusai dengan strategi dalam digital marketing?

Sudah banyak Desa atau BUMDes yang memiliki akun resmi di media sosial salah satunya di Instagram,  media sosial resmi ini menjadi ujung tombak dalam mempromosikan desa; keunggulan dan potensi yang dimiliki, serta hal-hal menarik lainnya. Tentu fungsi dari akun Instagram desa tidak hanya untuk pemasaran semata, namun juga untuk memberi informasi bagi warga desa kita, begitu juga dengan akun BUMDes.

Bagaimana membuat akun Instagram untuk desa dan BUMDes yang baik dan benar, sesuai dengan strategi digital marketing? Tips membuat akun Instagram berikut ini;

1. Kelengkapan Bio Akun Instagram

Melengkapi bio akun Instagram terlihat sederhana, namun melalui bio inilah audiensi atau pengunjung akun akan mengetahui berbagai informasi yang mereka inginkan, misalnya mengetahui apa yang menarik dari Akun/Desa/BUMDes ini.

Bio berfungsi untuk memberi/mengetahui informasi produk/jasa apa yang ditawarkan, mengetahui alamat website jika ada, mengetahui alamat lengkap, dan mengetuai nomor kontak. Oleh karena itu, ketika membuat Instagram penting untuk melengkapi bio ini, seperti dengan mencantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi.

2. Gunakan foto profil akun Instagram dengan Logo Resmi Desa/BUMDes

Penggunaan foto profil dengan logo atau gambar yang menggambarkan brand atau identitas dari desa/bumdes kita bertujuan agar lebih dipercaya, baik oleh masyarakat desa kita atau pun masyarakat secara luas.

Dipercaya bahwa akun yang ada adalah akun resmi yang mewakili desa atau BUMDes, sehingga warga atau masyarakat dapat bertanya seputar informasi yang diperlukan yang berhubungan dengan Desa/BUMDes.

3. Tautkan Akun Instagram Dengan Media Sosial Lainnya

Kita perlu untuk menautkan akun Instagram kita dengan akun media sosial lainnya seperti Facebook atau Twitter, kenapa hal ini penting? Karena Instagram berbasis gambar, yang mana melalui gambar/video yang kita upload di Instagram kita juga dapat menyebarkan di akun media sosial lain yang tertaut.

Caranya sangat mudah; buka profil akun Instagram kita, cari menu pengaturan dan klik akun tertaut, pilih akun sosial media lainnya, seperti Facebook dan Twitter.

4. Buat Tagar Khusus

Sebagai desa/BUMDes kita tentu memiliki slogan, gunakan slogan ini sebagai tagar khusus di Instagram. Atau memilik slogan lainnya untuk dijadikan Tagar yang mencerminkan Desa/BUMDes kita.

Misal nama Desa Anda adalah Desa Maju Bersama maka bisa dijadikan tagar dengan menambahkan kata ‘warga’ menjadi #Wargadesamajubersama atau #DesamajubersamaWarga dan lain sebagainya.

Tagar ini akan membantu menjadi ciri khusus dari Desa/BUMDes kita, sehingga orang bisa menemukan foto/video kita melalui tagar, dan tagar ini bisa menjadi media kampain yang efektif dalam menciptakan strategi digital marketing.

Demikian Pembahasan kita Tips membuat akun isntagram untuk Desa dan Bumdes, dalam seri Digital Marketing kali ini, semoga bermanfaat dan dapat diterapkan dalam membuat Akun Instagram desa/BUMdes kita. Bagi sahabat sekalian yang memerlukan pelatihan digital marketing dapat menghubungi kami, kami memiliki kelas digital marketing yang membahas tuntas tentang digital marketing.

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
๐—•๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ท๐—ฎ๐—ฟ ๐—•๐˜‚๐—บ๐—ฑ๐—ฒ๐˜€ ๐—ฌ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฆ๐—ฒ๐—ธ๐—ผ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—•๐˜‚๐—บ๐—ฑ๐—ฒ๐˜€ โ€“ ๐—ฃ๐˜‚๐˜€๐—ฎ๐˜ ๐—ฃ๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ถ๐—ฑ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฃ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐˜๐—ถ๐—ต๐—ฎ๐—ป ๐—•๐˜‚๐—บ๐—ฑ๐—ฒ๐˜€. (Ariyanto/Bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *