Bumdes di Jogja Bisa menjadi Alternatif Kunjungan Lapangan

Bumdes.id ~ Sahabat BUMDes dimanapun berada, Jogja merupakan sebuah Daerah yang Istimewa yang ada di Indonesia. Berbicara tentang Desa dan BUMDes tentunya menjadi pertanyaan Bagaimana BUMDes di Jogja ini?

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa, dan dibentuk berdasarkan kebutuhan serta potensi desa.

Pedoman bagi daerah dan desa dalam pembentukan dan pengelolaan BUMDes yaitu Permendesa Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa.

Jogja yang menyimpan berbagai macam kekayaan alam yang luar biasa dan menjadi salah satu kota destinasi tujuan wisata tentunya akan memiliki cukup banyak bumdes yang bergerak di bidang wisata.

Berikut ini adalah BUMDes di Jogja Terbaik yang sudah memberikan dampak terhadap PAD dan Meningkatkat kesejahteraan Masyarakat Desa :

1. BUMDes Panggung Lestari

BUMDes Panggung Lestari ini didirikan oleh Pemerintah Desa Panggungharjo, Kabupaten Bantul pada Bulan Maret 2013. Sebagai upaya Pemerintah Desa untuk pendayagunaan potensi desa yang diharapkan menjadi entitas yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Salah satu jenis usaha yang dilakukan oleh BUMDes ini adalah pengelolaan Sampah. Pengelolaan sampah di Desa Panggungharjo didasarkan pada dua perspektif, yaitu perspektif kesehatan lingkungan sekaligus perspektif bisnis (usaha) oleh karena itu pengelolaan sampah ini dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Selain itu juga salah satu unit usaha di bidang Kuliner dengan Kampoeng Mataraman yang berlokasi di Jalan Lingkar Selatan Yogyakarta.

2. BUMDes Amarta Pandowoharjo

Salah satu BUMDes di Jogja yang sudah sukses dan menjadi rujukan untuk study banding adalah BUMDes Amarta Pandowoharjo Sleman. Sama halnya dengan BUMDes Panggung Lestari, Amarta juga menjadi salah satu BUMDes yang bergerak di Pengelolaan Sampah.

Awal mulanya mengapa memilih pengelolaan Sampah adalah karena saat itu yang menjadi permasalah utama di Desa Pandowoharjo adalah masalah Sampah yang tidak terkelola baik.

Terletak di Pusat Kabupaten Sleman tentunya membuat BUMDes amarta berkembang dengan pesat dan di Tahun 2020 sudah banyak jenis unit usaha yang sudah bermitra dengan BUMDes Amarta. Sebagai contoh adalah Batik Ayu Arimbi, Kampung Iklim, Peternakan Domba serta ikan, serta jenis usaha yang lainnya.

3. BUMDes Tridadi Makmur

Puri Mataram adalah salah unit usaha BUMDes Tridadi Makmur. Puri Mataram mengambil konsep budaya Mataram tempo dulu, yang mana di dalamnya menyajikan berbagai wahana yang saling terintegrasi satu dengan lainnya.

Ketika sahabat berkunjung ke destinasi wisata Puri Mataram akan mendapati Joglo Resto, Joglo Lotus, Joglo Ndelik, Wahana Becak Air, Wahana Taman Bunga, Wahana Taman Kelinci, Wahana Taman Kitiran, Wahana Tangkap Ikan dan Pasar Ndelik, dan berbagai wana menarik lainnya.

BUMDes Tridadi Makmur pada awalnya mengembangkan modal sebesar 68,5 juta dan kini telah menjadi ratusan juta, dengan unit usaha yang dikelolanya.

Menilik data keuangan Bumdes Tridadi Makmur seperti dilansir media, setidaknya dalam waktu kurang dari dua tahun, BUMDes yang dipimpin Agus Cholid ini telah mampu menghasilkan omset berkisar 845 juta per bulan.

Bagi Sahabat BUMDes yang ingin study Banding ke BUMDes di Jogja ini bisa mengikuti Training Of Trainers Pendampingan BUMDes angkatan 22 yang akan berlangsung pada tanggal 29-31 Januari 2020.

Bagi Sahabat, yang ingin belajar BUMDes, memerlukanย pendidikan dan pelatihan BUMDesย maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan.

Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak:ย https://wa.me/6285772900800.
๐—•๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ท๐—ฎ๐—ฟ ๐—•๐˜‚๐—บ๐—ฑ๐—ฒ๐˜€ ๐—ฌ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฆ๐—ฒ๐—ธ๐—ผ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—•๐˜‚๐—บ๐—ฑ๐—ฒ๐˜€ โ€“ ๐—ฃ๐˜‚๐˜€๐—ฎ๐˜ ๐—ฃ๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ถ๐—ฑ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฃ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐˜๐—ถ๐—ต๐—ฎ๐—ป ๐—•๐˜‚๐—บ๐—ฑ๐—ฒ๐˜€. [ahmad/bumdes.id]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *