BUMDes Pandansari Desa Wukirsari Cangkringan

Sahabat BUMDes, enam tahun sudah undang-undang desa disahkan. Banyak Desa yang memiliki kisah sukses tentang BUMDes juga banyak pula yang hanya sekedar nama saja.

Undang-undang tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa, yang menjadi pedoman bagi daerah dan desa dalam pembentukan dan pengelolaan BUMDes.

โ€œBUMDes sebagai badan usaha, seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa”.

Pengembangan BUMDes merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa.

Salah satu desa yang mengembangkan BUMDes dan cukup berkembang adalah Desa Wukirsari. Desa ini mengembangkan jenis usaha untuk BUMDes diantaranya: usaha bisnis sosial, perdagangan, usaha bersama. sementara untuk Desa Wukirsari sendiri melakukan pengembangan dalam usaha perdagangan, dan usaha bersama sebagai bentuk wujud usaha mengembangankan desa wisata yang mengajak pihak lain untuk mengembangkan potensi Desa Wukirsari

BUMDes Desa Wukirsari sementara ini masih mengupayakan membentuk kesadaran masayarakat desa yang di bantu oleh ketua dusun dan jajarannya setempat untuk mengajak warga dalam upaya pengelolaan wisata daerahnya yang nantinya akan dapat membantu keuangan desa untuk mengembangkan Desa Wukirsari sebagai desa wisata.

Dari situ BUMDes Desa Wukirsari terus memperbaiki sistem pelaporan pelaporannya secara rutin dan berkala untuk bentuk wujud transparasi keuangan desa pada masyarakat.

Berikut ini Profil Singkat BUMDes Pandansari Desa Wukirsari

Nama Lembaga : Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) PANDANSARI
Status Kantor : Milik Desa
Berdiri : 10 November 2011
Alamat :Jalan : Sembungan-Kiyaran Wukirsari CangkringanNo Telpon : 0274 โ€“ 897 114

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumdes.

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak:ย https://wa.me/6285772900800.
๐—•๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ท๐—ฎ๐—ฟ ๐—•๐˜‚๐—บ๐—ฑ๐—ฒ๐˜€ ๐—ฌ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฆ๐—ฒ๐—ธ๐—ผ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—•๐˜‚๐—บ๐—ฑ๐—ฒ๐˜€ โ€“ ๐—ฃ๐˜‚๐˜€๐—ฎ๐˜ ๐—ฃ๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ถ๐—ฑ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฃ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐˜๐—ถ๐—ต๐—ฎ๐—ป ๐—•๐˜‚๐—บ๐—ฑ๐—ฒ๐˜€. [Ahmad/bumdes.id]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *