Bumdes Perlu Melibatkan Generasi Muda

BUMDes Generasi Muda Ke Desa

BUMDes.id Dalam upaya mengembangkan desa ke arah yang lebih baik, dapat memberi manfaat, menyejahterakan masyarakat, maka berbagai kegiatan dilakukan oleh pemerintah baik pusat atau daerah, salah satunya yang kini sedang ramai adalah keberadaan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes.

Keberadaan BUMDes telah terbukti dapat menjadi salah satu media dalam upaya desa mengembangkan potensi yang ada di desanya, walau masih ada cerita pahit tentang BUMDes Mati Suri, namun kita tetap optimis sebab banyak desa yang juga berhasil dengan BUMDesnya, semua kembali pada pola pikir kita, dan kemauan kita. Hendak membawa kemajuan seperti keberhasilan BUMDes lainnya, atau terpuruk seperti BUMDes yang mengalami gagal berdiri dan mati suri?

Badan Usaha Milik Desa, adalah salah satu harapan bagi warga desa, yang mana melalui BUMDes pergerakan roda ekonomi dan perbaikan kehidupan sosial dapat diwujudkan menjadi lebih baik. Sebab BUMDes adalah cita-cita bersama, maka Badan Usaha Milik Desa perlu melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk generasi muda. Generasi muda, dalam upaya menghidup-kembangkan unit usaha yang dijalankan oleh BUMDes. Para generasi muda sangat dibutuhkan untuk terjun, terlibat dalam membangun desa. Generasi muda, yang saat ini lebih dikenal sebagai generasi milenial ini sangat perlu untuk terlibat dan memberi urun rembug atau kontribusi kepada desa.

Generasi Muda Milenial yang kental dengan keseharian menggunakan gawai berbasis sosial media dan internet, misalnya bisa menjadi salah satu agen pemasaran di ranah online; promosi melalui media sosial ini bisa untuk produk unggulan desa dan wisata desa serta sejumlah potensi lainnya yang ada di desa. Kita telah membahas mengenai Generasi Milenial Kembali Ke Desa dalam Video Berikut

Selain itu, keberadaan Generasi Muda yang terlibat dalam upaya pembangunan desa tentu menambah ragam inovasi yang bisa diciptakan oleh para generasi muda, jika di satu padukan dengan arah pembangunan pemerintah desa, maka inovasi yang lahir dari generasi muda dapat dikembangkan melalui unit usaha BUMDes misalnya.

Mengapa kita berharap ada inovasi dari generasi muda? Karena pengalaman dari generasi muda, keterbaruan informasi, saat ini berada di generasi muda,  tentu jika dikolaborasikan dengan program yang ada, sumbangsih dari generasi muda akan sangat bermanfaat.

Generasi muda di era milenial ini bisa melihat berbagai potensi yang ada di desa. Sebab,  di desa masih memiliki berbagai persoalan dalam mengembangkan potensinya. Padahal, persoalan-persoalan tersebut bisa menjadi suatu peluang usaha atau pekerjaan yang memiliki daya saing yang rendah.

Generasi muda yang secara naluri berjiwa kreatif akan memiliki sejumlah ide dalam mengembangkan segala potensi yang ada di desa. Untuk menambah kreativitasnya dalam berinovasi, maka perlu adanya wadah, bisa menumpahkan segala kreativitas dan inovasi generasi muda tersebut, misalnya diwadahi oleh BUMDes.

Mari mengembangkan Desa Kita, melalui Badan Usaha Milik Desa, kami melalui Sekolah BUMDes memberikan pelatihan dan pendidikan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia, yang siap mengelola Badan Usaha Milik Desa, untuk Informasi program dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Ariyanto/Bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *