Desa Tiwingan Lama Desa Wisata dengan Pesona Raja Ampat

Desa Tiwingan Lama Desa Wisata dengan Pesona Raja Ampat
Desa Tiwingan Lama Desa Wisata dengan Pesona Raja Ampat

Bumdes.id Desa Tiwingan Lama Desa Wisata dengan Pesona Raja Ampat adalah salah satu desa di Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Desa ini memiliki potensi yang luar biasa, salah satu potensi yang menarik perhatian publik belakangan ini adalah potensi alam yang dijadikan sebagai objek atau destinasi wisata.

Oleh sebab itu, pemerintah Desa Tiwingan Lama berkomitmen dalam upaya mengembangkan destinasi Wisata yang ada di desanya yaitu Puncak Matang Kaladan sebagai destinasi wisata Andalan di provinsi Kalimantan Selatan.

Keberadaan objek wisata Puncak Matang Kaladan saat ini menjadi motor penggerak perkembangan sosial dan ekonomi Desa Tiwingan Lama, jika sebelumnya desa ini disebut sebagai desa tertinggal maka kini desa Tiwingan Lama telah menjelma menjadi desa berkembang dan maju.

Keberhasilan mengembangkan Puncak Matang Kaladan menjadi destinasi wisata yang layak dikunjungi dengan berbagai atraksi wisata tentu bukan persoalan mudah, namun berkat komitmen dan kerja keras, kini objek wisata di Desa Tiwingan Lama telah berhasil menjadi motor perekonomian bagi masyarakat desa, dengan tumbuhnya berbagai lini atau unit ekonomi yang berkaitan dengan upaya pengembangan objek wisata desa.

Tiwingan Lama adalah Desa Wisata dengan Pesona Raja Ampat

Indonesia yang kaya akan sumber daya alam, membentang dari Sabang sampai Merauke, kita bersama telah mengetahu di Papua Barat ada objek wisata kelas dunia yaitu Raja Ampat, dengan gugusan pulau yang menjadi obyek wisata alam luar biasa, maka tidak salah jika keindahan yang ada di Raja Ampat pun hadir dalam versi lain di Kalimantan Selatan.

Tidak sedikit pengunjung baik lokal maupun nasional yang menyebut Matang Keladan sebagai wisata alam dengan pesona yang menyerupai Raja Ampat. Sebagai salah satu dari sekian banyak tempat wisata berbasis alam yang masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Tidak heran jika keindahan yang disuguhkan oleh objek wisata ini dalam beberapa tahun terakhir begitu viral dan populer terutama bagi masyarakat lokal Kalimantan Selatan, dan menyita perhatian masyarakat secara nasional bahkan dunia.

Baja Juga: Bumdes Tridadi Makmur Dibalik Kesuksesan Puri Mataram

Desa Tiwingan Lama Masuk Nominasi 10 besar Desa Wisata Kategori Berkembang

Pada tahun 2019, dari hasil verifikasi lapang tim lomba desa wisata nusantara tahun 2019 yang diselenggarakan mulai tanggal 7 sampai dengan 26 Oktober, memutuskan 10 besar nominasi pemenang lomba Desa Wisata Nusantara 2019 sesuai kategori masing-masing.

Ada dua kategori dalam lomba wisata nusantara tahun 2019, yang pertama adalah kategori desa wisata kategori maju dan yang kedua adalah kategori desa wisata kategori berkembang. Desa Tiwingan Lama Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar masuk nominasi 10 besar pada kategori berkembang.

Masuknya Desa Tiwingan Lama dalam 10 besar kategori desa wisata berkembang tentu menjadi penyemangat dan bukti dari hasil kerja keras masyarakat bersama pemerintah desa dalam mengembangkan desanya, hal ini tentu perlu menjadi contoh  bagi desa lain di Indonesia.

Bumdes, sebagai Badan Usaha tingkat Desa yang memiliki unit usaha desa wisata tentu harus memiliki semangat dan komitmen dalam mengembangkan Desa wisata, sehingga dapat berhasil seperti halnya yang dirasakan oleh Desa Tiwingan Lama di atas, karenanya pengelola Bumdes harus benar-benar paham seluk belum dalam menjalankan usaha yang dipilihnya.

Bagaimana? Tertarik untuk membuat destinasi wisata andalan di daerah Anda? Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumdes.

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Ariyanto/Bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *