Digital Marketing Bumdes

Bumdes.id Dalam artikel kali ini kita akan membahas bagaimana Digital Marketing Bumdes? Badan Usaha Milik Desa terus bergerak dalam mengembangkan pasar mereka, kita telah membahas bagaimana cara pengembangan pasar pada artikel sebelumnya, dan juga telah kita bahas dalam Ngobrol Seputar Bumdes di Bumdes TV

Apa itu Digital Marketing Bumdes? Digital Marketing atau jika kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi Pemasaran Digital bisa didefinisikan sebagai upaya atau strategi dalam melakukan pemasaran sebuah produk/jasa menggunakan perangkat elektronik/ berbasis internet dengan beragam taktik atau strategi marketing dan media digital.

Digital Marekting Bumdes Berbeda dengan model pemasaran konvensional, ketika kita melakukan pemasaran secara Digital, kita sebagai pemasar dapat berkomunikasi dengan calon konsumen di ranah online secara langsung, sehingga jangkauan pemasaran atau informasi pemasaran yang kita keluarkan dapat dilihat siapa saja yang menjangkau dan berinteraksi terhadap informasi dari produk atau jasa yang kita tawarkan.

Dalam dunia serba terhubung hari ini, yang mana manusia saling berinteraksi dan memiliki kehidupan di ranah maya ‘internet’ media sosial, maka pelaku usaha atau sebuah brand bisnis pun harus hadir dan memberikan informasi pada pelanggan potensial yang berada di dunia ‘maya’ ini. Jika tidak, maka kita akan ketinggalan jauh, dalam upaya mengenalkan produk atau jasa kita.

Sebagai upaya pemasaran, Digital Marekting Bumdes yaitu untuk menginformasikan produk atau jasa yang BUMDes miliki ada beragam akses yang dapat kita pilih agar calon pembeli di ranah online dapat melihat penawaran BUMDes, kita dapat menggunakan Website, Blog, Media sosial (Instagram, Whatsapp, Line, dsb), yang di sana ada calon pembeli atau target pasar dari produk atau jasa yang kita miliki.

Misalnya BUMDes ingin menyasar pengguna media sosial dalam memasarkan produk atau jasa yang dijalankan oleh unit usaha BUMDes, maka Tim Pemasar dari BUMDes perlu masuk di dunia digital marketing dan membuat penawaran/promosi/pemberian informasi kepada calon konsumen melalui; iklan, email marketing, brosur online, dan banyak lagi.

Sosial Media Marketing BUMDes

Ketika BUMDes memutuskan akan menggunakan media sosial sebagai salah satu alat dalam melakukan strategi digital marketing, maka BUMDes wajib memiliki akun resmi BUMDes yang mana cara membuat akun resmi BUMDes dapat dipelajari dalam artikel berikut: Membuat Akun Resmi Bumdes

Membuat Akun resmi dengan baik dan benar, seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya, Cara Membuat Akun Resmi Bumdes wajib hukumnya, hal ini agar calon pembeli atau target pasar benar benar yakin bahwa akun media sosial tersebut adalah resmi dikelola oleh BUMDes, bukan akun palsu atau abal-abal.

Tujuan Pemasaran Digital Marketing Bumdes

Apa yang menjadi tujuan BUMDes dalam membuat strategi pemasaran digital? Tentu tim pemasar BUMDes harus paham tujuan mereka mengambil pangsa online dalam upaya menawarkan atau memberi informasi mengenai produk dan jasa yang dijalankan unit usaha BUMDes.

Jika kita berbicara secara garis besar, maka tujuan dari melakukan pemasaran oleh BUMDes setidaknya adalah untuk 3 hal kunci di bawah ini;

1. Menarik Konsumen potensial agar mererak mengetahui secara detail produk/jasa yang BUMDes produksi dan BUMDes nantinya dapat menyediakan semua permintaan mereka untuk produk yang diproduksi seperti apa (masukan dari pelanggan).

2. BUMDes dapat secara langsung menjelaskan secara rinci tentang semua kegiatan yang berkaitan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini mencakup berbagai kegiatan, mulai dari deskripsi produk, desain produk, promosi produk, iklan produk, komunikasi kepada konsumen, hingga pengiriman produk untuk menjangkau konsumen dengan cepat.

3. BUMDes dapat mengenali  dan memahami konsumen secara detail sehingga produk/jasa yang BUMDes tawarkan benar benar sesuai atau cocok dengan target pasar yang disasar.

Demikian pembahsan mengenai Digital Marekting Bumdes, bagi Anda yang menginginkan pelatihan mengenai digital marketing dapat menghubungi kami tim bumdes.id 085 772 900 800 (WA) untuk mengikuti kelas digital marketing BUMDes.

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumdes.

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Ariyanto/Bumdes.id)

One Reply to “Digital Marketing Bumdes”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *