Pengembangan Pasar Bumdes

Pengembangan Pasar
Pengembangan Pasar

Bumdes.id Kita telah memasuki era digital 4.0 yang mana mempengaruhi banyak aspek kehidupan, utamanya dalam hal menjalankan usaha. Dalam dunia usaha, kita mengenal Pengembangan Pasar, dalam pembahasan kali ini di Ngobrol Seputar Bumdes kita mengangkat tema Pengembangan Pasar Bumdes.

Dalam menjalankan sebuah usaha tentu akan sampai pada masa di mana pasar memerlukan perhatian khusus, dikarenakan posisi pesaing, atau lesunya pasar. Karenanya, perlu strategi khusus untuk melakukan pengembangan pasar, dalam hal ini berlaku pula pada usaha yang dijalankan BUMDes.

Apa itu pengembangan pasar? Pengembangan pasar merupakan sebuah usaha yang dilakukan dalam meningkatkan penjualan dari hasil produk yang dihasilkannya. Kegiatan ini merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan pertumbuhan produktivitas perusahaan.

Bumdes sebagai badan usaha milik desa, yang menjalankan fungsi sosial dan ekonomi, dalam menjalankan unit usahanya tentu memiliki sedikit banyak kesamaan dengan perusahaan. Karenanya, perlu ada perhatian khusus dalam menjalankan unit usaha BUMDes sehingga pasar dari produk atau jasa yang ditawarkan BUMDes dapat tersampaikan ke masyarakat dalam hal ini sebagai pasar.

Pengembangan Pasar meliputi banyak hal, dalam video Ngobrol Seputar Bumdes kali ini kita membahas tentang apa yang dimaksud dengan pengembangan pasar?  Mengapa pengembangan pasar diperlukan oleh BUMDes? Bagaimana cara memperluas jangkauan pasar BUMDes? Apa yang dimaksud dengan pangsa pasar potensial? Serta bagaimana pentingnya tim pemasaran dalam struktur kerja unit usaha BUMDes

Dalam kesempatan ini kita banyak belajar dari Remo Adhy Pradana Founder dari www.imaos.id sebuah star up di bidang parenting dan finansial yang menyangsa pasar khusus milenial. Bagaimana pengalamanan pengembangan pasar yang dilakukan oleh Remo di imaos.id, saksikan secara penuh kupasan dalam Ngobrol Seputar Bumdes;

Berikut Video Ngobrol Bareng Seputar Bumdes; Pengembangan Pasar Bumdes

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumdes.

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. (Ariyanto/Bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *