BUMDes Cahaya Sumber Rejeki Desa Langenharjo, Plemahan, Kediri

BUMDes Cahaya Sumber Rejeki Desa Langenharjo

Sahabat BUMDes, dalam menginisiai perkembangan BUMDes tentunya ada banyak hal yang perlu kita siapkan. Ada berbagai macam hal yang perlu kita siapkan termasuk bagaimana nanti unit usaha BUMDes yang kita kembangkan bisa meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.

Untuk meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat mungkin memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Karena mungkin saja akan selalu ada orang yang merasa kurang bahagia dengan apa dan BUMDes berikan untuk Masyarakat.

Karena pada hakikatnya BUMDes ini didirikan agar masyarakat bisa lebih sejahtera dengan berbagai macam unit usaha yang sudah dikembangkan.

Dikesempatan kali ini Tim Bumdes.id akan memberikan sedikit review mengenai salah satu BUMDes yang ada di Jawa Timur. Lebih tepatnya berada di Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Jawa Timur.

BUMDes ini merupakan salah satu BUMDes rintisan yang perlu kita dampingi agar kedepannya BUMDes yang diberi nama BUMDes Cahaya Sumber Rejeki ini bisa berkembang dan bisa meningkatkan Kesejahteraan Warga Masyarakat Desa Langenharjo.

Dalam usaha untuk mencapai hal tersebut BUMDes Cahaya Sumber Rejeki ini memiliki Visi & Misi untuk “Membangun desa langenharjo maju dan mandiri serta mensejahterakan masyarakat desa langenharjo”.

Pada Awalnya BUMDes ini berdiri pada tahun 2018 dengan usaha awal sebagai Agen Bni 46 dengan mengelola unit usaha jasa perantara pembayaran listrik, bpjs dll. Kemudian ada kerjasama juga dengan E-warung sebagai super semua kebutuhan Warung dalam penyaluran Bpnt.

Selain Unit Usaha di atas yang sudah mapan ada juga unit usaha adalah Simpan pinjam, serta di tahun ini kami ada rencana sebagai Agen kantor pos dan perencanaan unit Desa wisata. “ Sahut Direktur BUMDes “.

Dalam Hal struktur Kepengurusan Awal, BUMDes Cahaya Sumber Rejeki hanya memiliki tiga pengurus utama yang berbagi tugas mengelola Unit Jasa dan perdagangan, Simpan pinjam dan Perencanaan Unit wisata yang akan dimbangkan.

Dalam hal OMSET atau Pendapatan untuk saat ini memang belum terlalu besar, namun dengan semangat dan kerja keras dari para Pengelola BUMDes Cahaya Sumber Rejeki ini diharapkan akan mengalami peningkatan setiap Tahunnya.

Untuk Alamatnya sendiri BUMDes Cahaya Sumber Rejeki ini berada satu atap dengan Kantor Pemerintah Desa Langenharjo Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri.

Untuk mempercepat perkembangan dan percepatan dalam mengembangkan bumdes, bumdes.id kembali mengadakan Training Of Trainers Pendampingan BUMDes angkatan 23 di Bulan Februari ini. Untuk Sahabat yang ingin bergabung bisa mendaftar sebelum tanggal 24 Februari 2020.

Untuk Sahabat BUMDes sekalian yang ingin bumdesnya tampil dihalaman bumdes.id bisa memberikan informasi di halaman Pojok BUMDes. Salam BUMDes SUKSES. [Ahmad/Bumdes.id]

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *