Mahasiswa Kembali Ke Desa; Magang Ke Bumdes dan Desa

Kampus Merdeka UMSU

Bumdes.id Hari ini kami di Pendopo Sekolah Bumdes Komplek Meravi.id kembali menerima Mahasiswi untuk program magang. Dalam kesempatan kali ini adalah penerimaan mahasiswi dari Universitas Sumatera Utara, yang mana mereka akan magang di Star Up yang ada di Meravi.id guna mendapatkan pengalaman perihal Bumdes dan Desa.

Melalui tenan dan unit Star Up yang ada di Meravi.id ini mahasiswi diharapkan dapat belajar dan memberi kontribusi, dengan paktik kerja secara langsung. Termasuk di dalamnya adalah praktik BUMDes di Sekolah Bumdes.

Kegiatan Magang untuk BUMDes dan Desa ini juga sejalan dengan program kampus merdeka. Program yang digagas menteri pendidikan bagaimana kerja magang menjadi jembatan penghubung di masa study guna mempersiapkan diri untuk menuju dunia kerja, dengan program magang kerja dibekali praktik kerja secara langsung, sehingga nantinya dapat memiliki bekal/pengalaman ketika telah selesai study.

“Sejalan dengan itu, kami memiliki misi karir development. Konsep kerja magang di Meravi.id adalah star up, dengan ruang berdesain Creative Space, bekerja dengan menyenangkan, dapat memilih lokasi bekerja secara bebas dan nyaman.” Seperti disampaikan Ibu Davita, HRM Syncore Indonesia

Program mmagang ini adalah pengalaman pertama bagi Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, dan juga menjadi pengalaman pertama magang di luar dari Sumatera Utara, yaitu ke Yogyakarta.

Kreativitas adalah hal penting yang menjadi ciri dari kampus merdeka, mahasiswi magang ini harus bisa mengambil banyak hal kreative selama masa kerja magang. Karena nantinya mahasiswi ini akan menjadi role model bagi prodi/kampus.

“Program mangang ini juga menjadi implementasi dari MOU, maka besar harapan agar mahasiswi magang ini dapat belajar banyak hal, untuk nantinya dapat membawa pengetahuan dan ide untuk tidak sekedar menunggu atau melamar pekerjaan di perusahaan ketika lulus, namun mampu menjadi bekal dalam mengembangkan diri, mengembaangkan SDM, megembangkan Desa, sebab bagi Gen Z dan generasi milenial, berkarya atau usaha adalah ciri mereka.” Ujar Ibu Prawidya selaku Kaprodi Manajemen UMSU.

Program ini menjadi sinyal baik bagi BUMDes dan Desa, yang mana ketika akademisi dalam hal ini mahasiswa sudah memiliki komitmen untuk turun ke desa, mau belajar tentang Desa dan BUMDes, maka nanti akan kembali ke desa masing-masing dengan bekal cukup perihal desa dan BUMDes sehingga dapat mengembangkan, menumbuhkan dan memajukan desa masing-masing. (Ariyanto/Bumdes.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *