Siapkah Kita Menyambut Era Desa Digital?

Desa Digital
Desa Digital

Bumdes.id Apa yang menjadikan jarak dan waktu hari ini tidak lagi menjadi penghalang berarti? Adalah kehadiran konektivitas dalam jaringan internet, yang mana melalui internet masyarakat dapat saling terhubung satu sama lain secara langsung, keterhubungan ini otomatis memotong jarak serta waktu.

Keberadaan internet dan perkembangan teknologi informasi, pada akhirnya menjadikan informasi dapat diterima sama rata, mereka yang berada di desa atau di kota, dapat mendapatkan akses atas informasi yang sama, kondisi ini akan menjadikan kesempatan dalam ‘persaingan’ sosial-ekonomi dapat berjalan lebih adil, untuk mendapatkan akses pasar yang sama.

Mereka yang berada di desa tidak lagi perlu khawatir dalam memasarkan produk yang mereka buat, karena mereka dapat menggunakan internet dengan membuat toko Online, memanfaatkan Marketplace dan media sosial sebagai tempat melakukan penjualan produknya, kita menyebutnya sebagai ‘pemasaran digital’ atau Onlineshop.

Keberadaan Onlineshop hari ini, bukan hal yang wah lagi, baik mereka yang berada di kota atau di desa, mereka yang dekat akses atau jauh dari akses, sama-sama memiliki kesempatan agar produk yang mereka tawarkan dapat dilihat oleh pasar yang lebih luas, pasar yang tidak lagi berbentuk kunjungan fisik namun kunjungan digital.

Kondisi ini hanya sebagai contoh kecil, bagaimana kehadiran internet dan era digital ini, memberi satu perubahan dalam hal sosial-ekonomi yang luar bisa bagi masyarakat baik mereka yang berada di kota atau pun di desa.

Selain itu secara lebih besar lagi, keberadaan era digital ini juga membantu mempermudah dalam berbagai aspek pelayanan kependudukan, misalnya kita tahu banyak desa yang sudah menerapkan sistem administrasi kependudukan berbasis digital, sehingga mereka dapat melakukan berbagai keperluan kependudukan; membuat KTP, Kartu Keluarga, Izin Usaha, Akta Lahir dll, melalui smartphone mereka.

Ketika Kementerian Desa menyebut ‘Desa Digital’ tentu kita sudah tidak lagi asing, dan patut menyambut baik konsep yang nantinya akan diterapkan dalam membangun desa digital. Karena pada dasarnya, dalam kehidupan sehari-hari pun masyarakat kita di desa sudah tidak asing dengan dunia digital.

Apa itu Desa digital? Desa Digital merupakan program pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi digital dan internet. Pemerintah saat ini gencar untuk menumbuhkan Desa Digital di berbagai wilayah, sebagai upaya pemerataan akses terhadap perkembangan teknologi dan informasi antara desa dan kota.

Pada tahun 2019 misalnya Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung Program Desa Digital di Provinsi Jawa Barat. Sebanyak 600 desa berkembang dan tertinggal di Jawa Barat segera terpasang wifi gratis oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo.

Jika kembali pada Pertanyaan Siapkah kita menyambut era desa digital? Maka dengan berbagai manfaat, dan kehidupan kita di desa yang sudah lekat dengan keterhubungan dunia digital, jawabannya adalah siap.

Bagi sahabat sekalian dapat mengakses ulasan digital kami Klik Link berikut Digital Marketing dan Desa Digital

Membentuk tim media digital adalah investasi jangka panjang di era digital ini. Sehingga dapat menjawab seluruh pertanyaannya bagaimana cara yang tepat dalam membangun media sosial sebagai bentuk saluran digital marketing? Bagaimana tim digital marketing milik BUMDes dapat menciptakan konten yang menarik? Jawabannya  adalah pengetahuan yang cukup mengenai digital marketing, maka perlu mengadakan pendidikan dan pelatihan yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah Bumdes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia dalam bidang digital marketing, yaitu Workshop Digital Marketing, dalam workshop ini akan membahas materi

1. Membangun Narasi dan Teknik Copywriting
2. Teknik Fotografi Menggunakan Handphone
3. Menjadi Viral di Sosial Media
4. Teknik SEO, Facebook Ads dan Instagram Ads

Mau tahu lebih lanjut tentang digital marketing? Ayo kunjungi Sekolah BUMDes, selain pendidikan dan pelatihan mengenai digital marketing, Sekolah Bumdes juga fokus pada materi perihal usaha BUMDes dan juga Cek Kesehatan Usaha (CKU) BUMDes.

Selain itu, Sahabat BUMDes juga bisa melakukan kunjungan ke BUMDes-BUMDes terbaik di Jogjakarta bersama Bumdes ID sehingga bisa mengadopsi berbagai ilmu dari BUMDes-BUMDes tersebut dan transfer ilmu serta mampu menerapkannya di BUMDes masing-masing. Bagi Anda yang memerlukan pelatihan baik individu atau kelompok, dapat menghubungi kami; Informasi pendaftaran Sekolah BUMDes lebih lanjut silakan hubungi nomor 0857 72 900 800. Salam bumdes.id ( Aryanto Bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *