BUMDes Kolarek Kembangkan Gola Korang dalam Kemasan

BUMDes Kolarek Kembangkan Gola Korang dalam Kemasan
BUMDes Kolarek Kembangkan Gola Korang dalam Kemasan

Bumdes.id Melalui BUMDes Kolarek, pemerintah dan warga Desa Sompang Kolang, Kecamatan Kuwus Barat, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, punya cara tersendiri dalam memanfaatkan potensi yang ada di lokal desa untuk dikembangkan dan dilakukan inovasi agar memiliki nilai jual yang lebih baik dari sebelumnya. Melalui BUMDes Kolarek, potensi desa diangkat dengan memproduksi gula merah dalam kemasan dan diberi label Gola Kolang.

BUMDes Kolarek berdiri pada tahun 2017, dan mengembangkan Gola Kolang, hal ini didasari pada potensi yang ada, mengingat mata pencaharian warga desa adalah membuat gula merah, yang mana sudah diajarkan dan dikembangkan secara turun temurun, dari generasi ke generasi hingga saat ini.

Tidak sedikit warga Desa Sompang Kolang yang sukses dengan mengelola produk gola kolang. Melihat hal ini, kemudian BUMDes Kolarek memperkenalkan gola kolang dengan bentuk kemasan yang lebih menarik dan lebih baik. Dengan adanya inovasi utamanya dalam hal bentuk pengemasan ini, diharapkan nantinya produk dapat memenuhi kebutuhan lokal, regional dan nasional, juga sebagai media memperkenalkan dan melestarikan produk olahan warisan leluhur.

Bumdes Kolarek di dalam membuat produk atau proses produksi Gola Kolang, dilakukan dengan cara yang sederhana, sama dengan yang dilakukan oleh warga yaitu berdasarkan cara yang diajarkan secara turun temurun. Menjadi pembeda adalah dalam proses pengemasan, yang mana dalam kemasan sudah menyematkan merek yang menjadi ciri dan tanda dari pada produk Gola Kolang Bumdes Kolarek.

Dalam upaya memasarkan produk Gola Kolang, BUMDes memasarkan hasil produksi mereka ke berbagai hotel di daerah Labuan Bajo. Selain itu juga melakukan kerja sama dengan berbagai pihak seperti LSM.

Pangsa pasar atau kebutuhan akan gola korang memang cukup tinggi, utamanya untuk kebutuhan hotel dan pelancong, sebab saat ini banyak orang yang sudah beralih dari gula pasir biasa menuju gula dari aren atau kelapa ini atau biasa di sebut sebagai brown sugar.

Pasar yang potensial dan besar ini, belum sepenuhnya dapat dilayani oleh BUMDes Kolarek, mengingat ketersediaan bahan baku dan kapasitas atau kemampuan produksi yang ada. Hal ini yang menjadi fokus ke depan untuk dapat membuat atau memproduksi lebih besar dan lebih baik lagi.

Keterlibatan masyarakat, ketersediaan bahan baku, kualitas produk, adalah satu unsur penting dalam menjaga rantai distribusi pasar. Karenanya perlu dilakukan pendekatan inovasi dan kreativitas, dan Desa Sompang Kolang setidaknya telah terbukti berhasil untuk memberikan dampak positif bagi perbaikan tata kelola desa, dan bagaimana melalui BUMDes desa dapat mengangkat potensinya.

Bayangkan, jika setiap desa memiliki satu unit usaha, yang mana setiap unit usaha dengan produk berbeda tersebut dapat saling melengkapi kebutuhan di desa atau daerah lain, maka dalam sekala daerah, dan nasional, desa dapat begitu mandiri, saling membahu memenuhi kebutuhan warganya. Pada akhirnya, akan menjadikan Indonesia mandiri dan jauh lebih baik lagi.

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumde. Informasi Lengkap Klik Kelas Sekolah Bumdes – Pendaftaran Training of Trainers Pendampingan Bumdes Angkatan 20

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. [ Ariyanto / Bumdes.id ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *