Kepala Desa Menjadi Kunci Menuju BUMDes Sukses

Kepala Desa Kunci Sukses BUMDes
Kepala Desa Kunci Sukses BUMDes

Bumdes.id Saat ini pendirian BUMDes telah menjamur di mana-mana. Ada 46.000 BUMDes telah berdiri disetiap desa. Akan tetapi BUMDes yang tumbuh dan maju masih sangat sedikit. Hal ini tentunya menjadi PR bersama untuk mewujudkan cita-cita dari tujuan dibentuknya BUMDes.

BUMDes yang sukses merupakan impian warga desa, karena dengan kesuksesan BUMDes akan berdampak terhadap kesejahteraan warga desa. Kesuksesan BUMDes tentunya tidak terlepas dari peran berbagai element seperti pemerintahan desa, BPD, Masyarakat, dan Lembaga Masyarakat. Namun, dari itu semua yang menjadi kunci  kesuksesan BUMDes terletak dari pucuk pimpinan desa itu sendiri yaitu kepala desa. Berikut hal-hal yang harus dipehatikan kepala desa untuk mensukseskan BUMDes nya:

  • Hubungan Kepala Desa Dengan Badan Permusyawaratan Desa

Dalam permendagri no 110 tahun 2016 BPD memiliki  fungsi untuk membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa. Kepala desa harus memiliki  hubungan yang baik dengan BPD supaya kinerja kepala desa bisa terukur dan diawasi oleh BPD. Dengan dibentuknya BUMDes maka otomatis kepala desa menjadi dewan pengawas BUMDes. Banyak kasus perselisihan antara BPD dengan kepala desa yang menyebabkan hambatan perputaran roda organisasi pemerintahan desa dan kebijakan kepala desa yang tidak sesuai.  

  • Proses Terpilihnya Kepala Desa

Proses terpilihnya kepala desa juga menjadi hal yang diperhatikan, apabila kepala desa terpilih karena hasil dari hati nurani masyarakat desa maka dia akan mengabdikan dirinya untuk warga desa. kepala desa akan mengeluarkan kebijakan demi kepentingan warganya.

Pembangunan infrastruktur akses jalan, bangunan, kesehatan, Pendidikan, dan ekonomi akan diperhatikan dengan baik dan menyeluruh. Kepala desa yang terpilih dari hati nurani rakyat juga akan memperhatikan setiap kebijakannya bisa dirasakan 10 tahun kedepan bahkan 30 tahun kedepan dengan mendirikan BUMDes yang berkualitas.

Namun, apabila kepala desa terpilih karena money politik maka setiap kebijakan yang dikeluarkannya hanya memihak pada kepentingannya saja. Kepala desa yang terpilih tersebut akan melakukan berbagai cara untuk mengembalikan uangnya yang dipakai saat pemilihan. Bisa dengan mengambil 30% dana dari pembangunan infrastruktur jalan atau bantuan lainnya.

  • Penyertaan Modal

Penyertaan Modal sangat penting bagi keberhasilan BUMDes, kepala desa yang bijak akan menyisihkan sebagia dari DD (Dana Desa) untuk BUMDes. Kepala desa harus selalu menyuntikan modal kepada BUMDes karena 60% saham BUMDes dimiliki oleh desa. apalagi BUMDes rintisan yang sangat membutuhkan dana untuk bertahan di tahun-tahun awal.

  • Pemilihan Pengurus BUMDes

BUMDes merupakan Badan usaha milik masyarakat desa, maka dari itu kepala desa harus memilih pengurus BUMDes yang berkualitas dan bertanggung jawab. Sehingga, keberlangsungan BUMDes, system manajemen, laporan keuangan BUMDes bisa diukur dengan baik.

  • Kepala Desa Memasrkan Produk Bumdes

Kepala desa juga harus memasarkan produk dari BUMDes. Koneksi jaringan kepala desa yang luas harus dimanfaatkan dengan baik untuk memasrkan produk BUMDes. kepala desa tentunya memiliki koneksi dengan kepala desa desa lain sehingga bisa memasarkan produk BUMDesnya ke desa lain.

Selain itu kepala desa juga memiliki koneksi yang kuat dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pejabat pemerintahan daerah dan bahkan dengan media. Maka, produk dari BUMDes bisa dengan mudah untuk di pasarkan.

  • Sikap Kepala Desa Jika Bumdes Bermasalah

Sebagai dewan pengawas BUMDes, kepala desa tidak boleh lari dari permasalahan di BUMDes. Apabila terjadi masalah internal, kepala desa harus bisa memberikan solusi akan permasalahan tersebut.

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumde. Informasi Lengkap Klik Kelas Sekolah Bumdes – Pendaftaran Training of Trainers Pendampingan Bumdes Angkatan 20

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀.

Penulis: Khatami/Bumdes.id
Editor: Ari/Bumdes.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *