Pendirian BUMDes Berorientasi Pada Kepemilikan Bersama

Bumdes.id Saat ini hampir di seluruh desa telah memiliki BUMDes, sebagai bagian tidak terpisahkan dari keberadaan Undang Undang Desa, dan semangat kemandirian desa yang menjadi salah satu ‘roh’ dari undang undang desa. Keberadaan Badan Usaha Milik Desa sendiri diharapkan mampu meningkatkan perekonomian dan mengangkat potensi yang dimiliki desa.

BUMDes pada dasarnya dapat menjadi wadah dalam mengangkat dan mengembangkan berbagai potensi yang ada di desa misalnya pada sektor pertanian, peternakan, sumber daya alam, sumber daya manusia, adat dan budaya serta berbagai sektor lain.

BUMDes juga dapat menjalankan berbagai  unit usaha yang mana ditujukan untuk mendukung kegiatan ekonomi di skala lokal desa misalnya dengan mendirikan unit usaha simpan pinjam, unit usaha pengelolaan air bersih, kredit usaha mikro, unit produksi dan juga unit desa wisata. Melalui unit usaha yang ada ini, harapannya tumbuh kembang ekonomi di desa dapat bergeliat, sehingga masyarakat dapat lebih maju dalam perekonomian.

Manfaat BUMDes mencangkup poin-poin sebagai berikut:

  • Dapat menjadi tempat atau wadah untuk bantuan permodalan bagi pelaku usaha desa
  • Membantu dalam memperluas akses  dan jaringan pasar.
  • Dalam kegiatan ekonomi di lokal desa dapat menjadikan warga desa terhindar dari tengkulak
  • Dapat menjadi penyedia sarana pasca panen bagi masyarakat.
  • Keberadaan BUMDes yang baik pada akhirnya akan menciptakan iklim usaha yang baik
  • Ketika BUMDes sudah besar maka  akan meningkatkan atau memperluas kegiatan perekonomian di desa.

Tujuan BUMDes Tujuan BUMDes seperti dalam Permendesa PDT dan Transmigrasi No. 4/2015 adalah, meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa.

Dengan berbagai manfaat yang begitu penting dan dapat dirasakan secara langsung atau pun tidak langsung oleh masyarakat desa, serta tujuan BUMDes yang telah di jelaskan di atas, maka keberadaan BUMDes harus benar-benar menjadi perhatian bersama antara pemerintah desa, pengurus BUMDes dan warga masyarakat.

Penting bagi desa untuk memiliki BUMDes Sukses, BUMDes yang mampu menjadi motor penggerak kebangkitan ekonomi desa, mengingat desa saat ini menjadi ujung tombak dalam pembangunan di Indonesia. Hal ini, dapat kita lihat dari keseriusan pemerintah untuk terus mendorong ekonomi desa dan juga adanya Dana Desa yang dapat menjadi modal bagi desa dalam mendirikan BUMDes dan juga menyelesaikan persoalan mendasar sehingga iklim usaha di tingkat desa dapat berjalan dengan baik.

Karenanya penting bagi kita untuk menyadari bahwa Pendirian BUMDes Haru Berorientasi Pada Kepemilikan Bersama, dengan demikian maka seluruh elemen desa; pemerintah desa, kepala desa, tokoh masyarakat, dan warga desa  serta pengurus BUMDes nantinya, akan paham betul bahwa mendirikan BUMDes sebesar-besar untuk kepentingan bersama, untuk menuju kemandirian ekonomi.

Dengan adanya rasa memiliki maka BUMDes akan digerakkan oleh kekuatan sosial yang besar, kekuatan sosial yang dimiliki oleh desa yaitu rasa gotong royong yang ada di tengah masyarakat. Sehingga masyarakat tidak asing dengan BUMDes, namun justru dekat dan ada rasa memiliki, jika sudah demikian maka apa pun yang akan dijalankan oleh BUMDes maka masyarakat akan turut terlibat karena adanya kesadaran dan kepentingan dari keberadaan BUMDes.

BUMDes jangan sampai bersifat eksklusif jangan hanya dikelola atau diketahui oleh satu dua orang saja, BUMDes adalah Badan Usaha Milik Desa yang mana adalah milik masyarakat.

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumde. Informasi Lengkap Klik Kelas Sekolah Bumdes – Pendaftaran Training of Trainers Pendampingan Bumdes Angkatan 20

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. [ Ariyanto / Bumdes.id ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *