Potensi Besar bagi Desa pengrajin Bambu dalam Upaya Mengurangi Pemakaian Produk Plastik

Potensi Besar bagi Desa pengrajin Bambu dalam Usaha Mengurangi Pemakaian Produk Plastik
Potensi Besar bagi Desa pengrajin Bambu dalam Usaha Mengurangi Pemakaian Produk Plastik

Bumdes.id Desa Mujur merupakan salah satu desa di Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Desa yang terkenal dengan kerajinan bambunya. Di desa ini, kebanyakan warga berprofesi sebagai pembuat kerajinan bambu, bahkan profesi tersebut sudah turun temurun dari generasi ke generasi.

Desa Mujur, sebagai desa yang menjadi sentra kerajinan bambu, didukung sebagai kawasan yang memiliki potensi bambu cukup besar. Di dalam seminggu, pengrajin dapat membuat 10 sampai dengan 20 buah kerajinan Bambu, dengan harga bervariasi mulai dai Rp. 14.000/ buah.

Pengrajin di Desa Mujur mampu menghasilkan beragam produk dan peralatan rumah-tangga berbahan baku bambu. Seperti tampah, tempat lampu, tempat tisu, dan lainnya. Saat ini, produk kerajinan bambu mereka mampu menembus pasar di sejumlah provinsi di Pulau Kalimantan, Jawa, Sumatera. Selain itu, permintaan akan kerajinan bambu ini juga sudah sampai di pasar Eropa.

Untuk menunjang kapasitas produksi dan kemudahan dalam membuat kerajinan bambu ini, para pengrajin masih membutuhkan berbagai alat pendukung, seperti  mesin pengirat dan mesin pembelah bambu untuk hasil yang maksimal. Mesin pengirat dibutuhkan untuk menghasilkan iratan tipis. Selama ini para perajin selama ini menggunakan cara manual untuk membelah bambu.

Di masa mendatang, tentu ini perlu ditangkap sebagai peluang yang dapat diambil oleh Desa melalui Badan Usaha Milik Desa, untuk menyelenggarakan pelatihan bagi para perajin guna meningkatkan kemampuan dan wawasan supaya bisa meningkatkan produktivitas perajin, misalnya dukungan pelatihan kerajinan sejenis serta inovasi produk dan pemasaran.

Selain itu, dalam upaya meningkatkan harga produk dan juga jangkauan pasar, Desa dapat mengupayakan melalui keberadaan BUMDes sebagai pemasar produk. Kolaborasi yang bisa diterapkan antara pengrajin dan BUMDes sebagai satu jalinan kemitraan.

Potensi besar ini mengingat saat ini permintaan produk untuk kemasan non plastik mulai menjadi tren positif di masyarakat sebagai upaya mengurangi sampah plastik. Kita bis melihat berbagai macam produk berbahan dasar bambu yang kemudian hadir menggantikan model plastik, seperti sedotan bambu, piring bambu, wadah kotak bambu, wadah belanja bambu, dan lain sebagainya.

Kami, bumdes.id dan Sekolah Bumdes, selalu terbuka untuk sahabat sekalian, sebagai upaya percepatan pembangunan desa, pengembangan BUMDes, sahabat sekalian dapat berkunjung ke Sekolah Bumdes. Kami juga memiliki berbagai program Kelas yang dapat menjadi upaya percepatan pembangunan dan pengembangan Desa dan Bumdes.

Mendirikan BUMDes bukanlah suatu perkara yang mudah. Ada step by step yang harus dilalui, mulai dari Musyawarah Desa, terbitnya Peraturan Desa, membuat AD/ART, dan juga mengembangkan potensi atau masalah di desa menjadi peluang usaha BUMDes. Lantas, bagaimana agar BUMDes bisa survive dan berkembang sukses? Jawabannya adalah pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk seputar BUMDes, maka perlu mengadakan pendidikan dan kelas yang serius dan khusus.

Kami di Sekolah BUMDes memiliki program khusus untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan BUMDes dengan materi-materi yang sudah kami bagikan ke dalam beberapa kelas yang telah tersedia, antara lain: 1. Kelas Peta Jalan Bumdes , 2. Kelas Tipologi dan Model Bisnis Bumdes (Seri Penguatan Manajemen Bumdes), 3. Kelas Pola Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumde. Informasi Lengkap Klik Kelas Sekolah Bumdes – Pendaftaran Training of Trainers Pendampingan Bumdes Angkatan 20

Bagi Anda, yang ingin belajar BUMDes, memerlukan pendidikan dan pelatihan BUMDes maka jawabannya adalah Sekolah Bumdes. Sekolah Bumdes adalah tempat belajar Bumdes secara paten dan menyenangkan. Kombinasi Teori, Simulasi, Praktik dan Kunjungan Lapangan. Belum lengkap belajar Bumdes kalau belum ke Sekolah Bumdes SMB Bumdes.id. Sekolah Bumdes berada di Jl. Nogotirto No.15 B, Area Sawah, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Silakan Anda berkunjung jika sedang berada di Jogja, Sekolah Bumdes selalu terbuka untuk Anda.

Informasi program selanjutnya dapat menghubungi nomor kontak: https://wa.me/6285772900800.
𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 𝗬𝗮 𝗱𝗶 𝗦𝗲𝗸𝗼𝗹𝗮𝗵 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀 – 𝗣𝘂𝘀𝗮𝘁 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗺𝗱𝗲𝘀. [ Ariyanto / Bumdes.id ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *