Training of Trainers Pendampingan BUMDes Angkatan 23; Semangat Kemandirian Desa

Bumdes.id Yogyakarta, 27 Februari 2020 menjadi hari pembukaan Training Of Trainers Pendampingan BUMDes Angkatan 23, yang mana dalam pembukaan ini dibuka oleh Ariyanto selaku pengelola Sekolah BUMDes.

Di kesempatan ini Bapak Ariyanto menjelaskan dan mengenalkan berbagai macam program serta layanan dari BUMDes.id dan Sekolah BUMDes.  Di Sekolah BUMDes ada berbagai macam program seperti Kunjungan Sekolah BUMDes, TOT BUMDes dan Cek Kesehatan Usaha BUMDes.

Selain itu juga bumdes.id membuka untuk para BUMDes yang ada di Seluruh Indonesia untuk memberikan informasi mengenai BUMDes yang dikelola agar bisa dibantu pemasarannya melalui halaman Pojok BUMDes.

Peserta Training of Trainers Angkatan 23 berasal dari berbagai daerah di Indonesia, juga dari beragam latar belakang profesi, mulai dari akademisi, praktisi, pendamping desa, Ketua/Direktur BUMDes, pemerintah desa dan pegiat desa lainnya.

Materi pertama Training of Trainers Pendampingan BUMDes Angkatan 23 ini disampaikan oleh Bapak Rudy Suryanto selaku founder bumdes.id dan Sekjen Forum BUMDes Indonesia. Materi yang diberikan mengenai Filosofi BUMDes dan Teknik Fasilitasi BUMDes. Materi ini diharapkan dapat membantu peserta untuk bisa mengelola BUMDes dan mengembangkan BUMDes dengan baik.

Kemandirian Desa akan terwujud jika memiliki Pengelola BUMDes yang memiliki visi dan misi untuk mengembangkan BUMDes yang dikelola. Diharapkan peserta mampu mengaplikasikan apa yang didapatkan di pelatihan ini untuk BUMDes yang nantinya akan di kelolanya.

Materi kedua Training of Trainers Pendampingan BUMDes Angkatan 23 ini disampaikan oleh Bapak Eko Pambudi selaku Direktur BUMDes Panggung Lestari, Panggungharjo.

Materi yang diberikan mengenai Asa Kemandirian Desa dan Tata Kelola BUMDes. Materi ini diharapkan dapat membantu peserta agar dapat mendirikan BUMDes secara terstruktur dan memiliki perencanaan yang matang, sehingga dapat mewujudkan BUMDes yang baik dan sukses.

Jika tata kelola BUMDes bisa berjalan dan diterapkan dengan baik, maka besar kemungkinan jumlah BUMDes-BUMDes mangkrak akan semakin berkurang.

Hari kedua Training Of Trainers Pendampingan BUMDes ini dimulai dengan materi Pemetaan Bentang dan Potensi Desa. Dengan menerapkan penggalian potensi terlebih dahulu ini diharapkan Bumdes yang akan dibentuk nantinya bisa benar-benar menjawab kebutuhan masyarakat. Sehingga diharapkan BUMDes nantinya bisa menyejahterakan masyarakat.

Peserta Training Of Trainers Pendampingan BUMDes menyampaikan hasil dari Pemetaan Bentang dan Pemilihan Potensi yang ada di Desanya. Dalam praktik ini juga peserta pelatihan merencanakan berapa pendapatan yang akan dihasilkan dari pemilihan potensi yang ada.

Pembagian Aplikasi Akuntansi Bumdes Gratis

Materi selanjutnya adalah praktik Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes (SAAB) yang mana sistem ini telah  dikembangkan dan disempurnakan menjadi Syncore Genio SAAB.

Training Of Trainers Pendampingan BUMDes Angkatan 23 ini juga menjadi salah satu momen launching Syncore Genio SAAB. Sebuah sistem yang dikembangkan oleh tim bumdes.id untuk membantu sahabat Bumdes dalam membuat laporan keuangan.

Syncore Genio ini kami kembangkan untuk membantu Bumdes lebih mudah dalam melakukan pelaporan keuangan. Dengan tampilan baru, format baru, penyempurnaan dari generasi pertama.

Tim Bumdes.id membagi Aplikasi Akuntansi Bumdes Gratis untuk 5 Bumdes. Bumdes yang beruntung tersebut ada dari Tuban, Kalimantan Timur, Sleman, Bali dan Bogor. Saat ini kami baru bisa membagi Aplikasi tersebut secara gratis untuk Bumdes-Bumdes yang ikut TOT. Datang dapat ilmu, pulang bawa aplikasi akuntansi Bumdes gratis.

Di hari ketiga peserta mengikuti Studi lapangan ke Bumdes Tridadi Makmur di Kabupaten Sleman, yang mana dengan melakukan studi lapangan ini dihadapkan peserta dapat belajar secara langsung bagaimana manajemen pengelolaan unit usaha BUMDes, dalam hal ini belajar secara langsung dari BUMDes Tridadi Makmur yang berhasil dengan Puri Mataram sebagai unit usahanya.

Bagi sahabat BUMDes yang ingin tahu lebih jauh mengenai bagaimana mengembangkan BUMDes, bagaimana melakukan pemetaan potensi, seperti apa sistem aplikasi akuntansi BUMDes, dan ingin studi lapangan ke BUMDes Sukses, jangan sampai melewatkan Training Of Trainers Pendampingan BUMDes Angkatan 24 pada tanggal 26-28 Maret 2020.

Untuk informasi lebih lanjut perihal program dan pendaftaran Training of Trainers Pendampingan BUMDes dapat menghubungi; [085 772 900 800].

#bumdesindonesia #bumdesa #bumdesid #SekolahBumdes #pelatihanbumdesa #pelatihandesa #workshopdesa #workshopbumdes #pendampinganbumdes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *