Apa Saja Jenis Akuntansi BUMDes?

BUMDes.id Menjadi pertanyaan pengelola BUMDes adalah apakah aplikasi atau sistem aplikasi akuntansi yang digunakan BUMDes sama dengan sistem akuntansi yang digunakan oleh perusahaan pada umumnya?

Sedangkan persoalan akuntansi ini masih menjadi persoalan yang banyak ditemukan atau dialami oleh pengelola BUMDes di dalam membuat laporan keuangan BUMDes.

Permasalahan terkait pelaporan keuangan dan pertanggungjawaban biasanya dialami oleh BUMDes yang telah memiliki unit usaha, yaitu ketika mengolah data dalam sistem akuntansi BUMDes.

Laporan keungan BUMDes ini sangat penting, sehingga setiap BUMDes wajib untuk membuat laporan keuangan di setiap satu periode akuntansi.

Untuk membuat laporan keuangan bumdes , tentu kita harus tahu jenis akuntansi bumdes yang sesuai dengan jenis usaha BUMDes. Selain itu banyak pengelola BUMDes yang masih merasa bahwa pembukuan bumdes agak sulit karna menggunakan sistem akuntansi.

Jenis Akuntansi BUMDes secara garis besar adalah sebagai berikut:

1. Akuntansi Dagang

Akuntansi Dagang digunakan untuk BUMDes yang bergerak di bidang dagang. Akuntansi dagang yaitu jenis akuntansi yang digunakan oleh perusahaan dagang. dimana perusahaan itu  membeli produk yang sudah jadi dan menjualnya lagi, tanpa melakukan perubahan atau penambahan nilai.

Pendapatan perussahaan dagang ini adalah mendapatkan keuangan dari kenaikan harga yang dijualnya. Dan dalam perusahaan dagang ada persediaan yang harus dicantumkan dalam akun atau informasi akuntansi, begitu juga dengan HPP (Harga Pokok Penjualan)

2 Akuntansi Manufaktur.

Akuntansi Manufaktur digunakan untuk BUMDes di bidang Manufaktur. Akuntansi Manufaktur yaitu jenis akuntansi yang oleh perusahaan yang mempunyai kegiatan  mengolah barang mentah menjadi barang jadi, sehingga ada persediaan bahan baku dan lain lain.

Perusahaan ini  menggunakan jenis akuntansi manufaktur, dalam perusahaan ini di dalamnya selain ada persediaan sebagaimana  perusahaan dagang tetapi ada akuntansi biaya juga.

3. Akuntansi Jasa.

Akuntansi jasa digunakan untuk BUMDes yang bergerak dibidang jasa. Akuntansi jasa yaitu sebuah akuntansi yang oleh perusahaan yang mendapatkan pendapatan dari jasa. Dengan demikian tidak ada harga pokok penjualan, tidak ada persediaan atau hal hal khsusus seperti akuntansi dagang dan manufaktur.

Dari jenis akuntansi secara garis besar di atas, dapat kita tarik ke jenis usaha atau bidang usaha yang ada di BUMDes. Apa saja jenis usaha BUMDes? Berikut adalah jenis usaha yang dijalankan BUMDes

1. Serving atau jenis usaha jasa. Merupakan jenis layanan jasa untuk melayani masyarakat desa, sebagai contoh  adalah PPOB atau Pembayaran Online. kursus dan lain-lain.
2. Renting yaitu jenis usaha sewa menyewa barang kepada masyarakat.
3. Brokering yaitu jenis usaha BUMDes sebagai broker atau pemasaran dari produk produk usaha di desa.
4. Trading perdagangan yaitu jenis usaha membeli produk dan menjualnya lagi kepada pihak lain.
5. Keuangan yaitu jenis usaha BUMDes dalam bidang keuangan mikro, atau memberikan jasa keuangan kepada masyarakat melalui BUMDes.
6. Holding merupakan jenis usaha induk dari berbagai usaha di desa, dengan merangkai nilai potensi desa dan disatukan dalam sebuah produk dan perdagangan.

Dari 6 Jenis Usaha BUMDes di atas, sebenarnya secara akuntansi dapat ditarik dalam 3 akuntansi besar atau dasar yang telah disebutkan sebelumnya. Sehingga tinggal mengaplikasikan untuk setiap masing-masing dari jenis usaha yang BUMDes jalankan.

Lebih lengkap mengenai Akuntansi BUMDes? Ikuti Sekolah BUMDes Online Akuntansi BUMDes

Bagi sahabat BUMDes sekalian beruntung karena ada pelatihan dari Sekolah Bumdes Online yang di dalam pelatihan tersebut juga berisi materi mengenai Laporan Pertanggungjawaban BUMDes.

Melalui training Online atau Sekolah BUMDes Online ini, peserta dapat belajar dan praktik secara mendalam mengenai tema materi akuntansi BUMDes, perihal pencatatan dan keuangan, sampai pada pembuatan pelaporan pertanggungjawaban BUMdes dan pengawasan serta pemeriksaan BUMDes.

Materi Sekolah Bumdes Online Akuntansi BUMDes ini adalah sebagai berikut :
1. Pola Pengelolaan dan Akuntansi BUMDes
2. Pencatatan Penerimaan dan Pengeluaran
3. Pemanfaatan Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes
4. Pelaporan dan Pertanggungjawaban BUMDes
5. Pengawasan dan Pemeriksaan BUMDes

akuntansi bumdes mei

Instruktur Sekolah BUMDes Online Akuntansi BUMDes

Rudy Suryanto sebelumnya adalah auditor di PricewaterhouseCooper dan Erns & Young. Saat ini adalah Dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Managing Partner Syncore Consulting. Setelah selesai S2 dari Melbourne University, Rudy Suryanto banyak membantu Usaha Kecil Menengah dalam mengembangkan usahanya.

Selanjutnya Rudy Suryanto juga banyak membantu penguatan Tata Kelola dan Pelaporan Keuangan untuk Rumah Sakit, Puskesmas, khususnya yang dijalankan dengan pola BLU & BLUD. Selain menjadi dosen dan konsultan, Rudy Suryanto adalah pendiri Bumdes.id, sebuah inisiatif dan platform untuk menumbuhkan, menguatkan dan mengembangkan Bumdes di seluruh Indonesia.

Bagaimana Cara Daftarnya? Silakan langsung klik http://learning.co.id/daftar/akuntansibumdes

Informasi Lebih Lanjut Pelatihan BUMDes Online Akuntansi BUMDes melalui kontak di bawah ini: Telp/SMS/WA : Diana   : 0877 38 900 800 atau Tim BUMDes : 085 772 900 800

#TerusBergerak #SekolahBumdesOnline #dirumahaja #workfromhome

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *