Manfaat Laporan Keuangan untuk Pihak Internal BUMDES

Manfaat Laporan Keuangan untuk Pihak Internal BUMDES

Setiap akhir Tahun tentunya kita sebagai pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) ini wajib melaporkan secara rinci dan jelas Laporan Keuangan kepada Pemerintah Desa atau Investor. Sebuah Perusahaan yang memiliki Laporan Keuangan yang lengkap tentunya akan memiliki banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan.

Karena fungsi akuntansi keuangan dalam sebuah BUMDES ini dapat dirasakan oleh berbagai macam pihak terkait yang ikut berpartisipasi dalam mengembangkan dan mengelola Badan Usaha Milik Desa ini. Hal yang paling utama yang bisa dirasakan oleh sebuah BUMDES adalah untuk pengambilan keputusan strategis kemana nantinya BUMDES ini selanjutnya akan berjalan.

Bagi pengelola Badan Usaha Milik Desa laporan keuangan menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan, evaluasi usaha, budgeting dan kontrol internal. Laporan keuangan ini sangat penting untuk menunjang Kinerja Badan Usaha Milik Desa agar bisa terus berkembang dan mensejahterakan Masyarakat.

Baca Juga : Apa itu Akuntansi BUMDES?

Namun apa saja sebenarnya Manfaat Laporan Keuangan untuk Pihak Internal BUMDES ini? Berikut ini adalah ulasannya ;

1 Memberikan informasi tentang Kondisi Keuangan dan Kinerja BUMDES

Manfaat Laporan Keuangan untuk Pihak Internal BUMDES ini adalah untuk melihat aktivitas usaha atau operasional BUMDES, apakah sudah berjalan baik atau belum bisa kita ketahui melalui laporan keuangan.

2 Pedoman Penyusunan Rencana Kerja BUMDES

Manfaat Laporan Keuangan untuk Pihak Internal BUMDES yang kedua adalah sebagai Pedoman Penyusunan Rencana Kerja BUMDES. Informasi keuangan yang sesuai standar akuntansi keuangan bisa membantu BUMDES dalam penyusunan rencana kegiatan yang efektif dan efisien sesuai kondisi keuangan.

3 Sebagai Pengendali Perusahaan

Manfaat Laporan Keuangan yaitu membuat laporan pengendali beberapa faktor yang bisa terjadi pada masa yang akan datang.

4 Sebagai Bentuk Pertanggungjawaban Kepada Pihak Eksternal

Manfaat Laporan Keuangan untuk Pihak Internal BUMDES selanjutnya adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pihak diluar BUMDES baik itu Pemerintah Desa atau Investor. Pihak eksternal pasti ingin melihat perkembangan BUMDES melalui laporan keuangan. Gambaran tentang kondisi keuangan BUMDES secara nyata sehingga pembuatan laporan keuangan harus memiliki tujuan yang jelas.

5 Menyusun Perencanaan Kegiatan BUMDES

Pencatatan transaksi keuangan menjelaskan informasi tentang kemampuan BUMDES untuk mengerjakan sebuah pekerjaan atau aktivitas agar keberlangsungan BUMDES bisa terjaga sehingga laba semakin besar. Kemampuan utama dinilai dari keuangan yang bisa membuat BUMDES untuk merencanakan kegiatan yang cocok untuk dilaksanakan.

6 Mengendalikan BUMDES

Unsur unsur laporan keuangan bisa memberikan gambaran tentang beberapa faktor yang timbul pada masa yang akan datang sehingga memudahkan pihak manajemen BUMDES untuk mempertimbangkan langkah selanjutnya.

7 Dasar Pembuatan Keputusan

Laporan keuangan termasuk laporan arus kas akan mempermudah pihak manajemen untuk mengambil tindakan dan menyusun perencanaan yang akan ditetapkan sebagai sebuah keputusan untuk kelanjutan BUMDES. Keputusan manajemen sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan BUMDES yang berhubungan dengan kemungkinan adanya tambahan pemasukan berupa laba yang sudah ditargetkan oleh BUMDES.

Semua Manfaat Laporan Keuangan untuk Pihak Internal BUMDES ini bisa sahabat dapatkan dengan mengikuti Pelatihan ONLINE AKUNTANSI BUMDES.

akuntansi bumdes

Materi Pelatihan Online Akuntansi BUMDes ini adalah sebagai berikut :

  1. Pola Pengelolaan dan Akuntansi BUMDes
  2. Pencatatan Penerimaan dan Pengeluaran
  3. Pemanfaatan Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes
  4. Pelaporan dan Pertanggungjawaban BUMDes
  5. Pengawasan dan Pemeriksaan BUMDes

Instruktur Sekolah BUMDes Online Akuntansi BUMDes

Rudy Suryanto sebelumnya adalah auditor di PricewaterhouseCooper dan Erns & Young. Saat ini adalah Dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Managing Partner Syncore Consulting. Setelah selesai S2 dari Melbourne University, Rudy Suryanto banyak membantu Usaha Kecil Menengah dalam mengembangkan usahanya.

Selanjutnya Rudy Suryanto juga banyak membantu penguatan Tata Kelola dan Pelaporan Keuangan untuk Rumah Sakit, Puskesmas, khususnya yang dijalankan dengan pola BLU & BLUD. Selain menjadi dosen dan konsultan, Rudy Suryanto adalah pendiri Bumdes.id, sebuah inisiatif dan platform untuk menumbuhkan, menguatkan dan mengembangkan Bumdes di seluruh Indonesia.

Informasi Lebih Lanjut Pelatihan BUMDes Online Akuntansi BUMDes melalui kontak di bawah ini: Telp/SMS/WA : Diana   : 0877 38 900 800 atau Tim BUMDes : 085 772 900 800

#TerusBergerak #SekolahBumdesOnline #dirumahaja #workfromhome

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *