Mengenal Siklus Akuntansi BUMDES Beserta Tahapannya

Mengenal Siklus Akuntansi BUMDES Beserta Tahapannya

bumdes.id ~ Sahabat BUMDES, Siklus Akuntansi merupakan sebuah proses penyusunan suatu laporan keuangan yang dapat diterima dan dipertanggungjawabkan validitasnya. Terlebih lagi untuk BUMDES, saat ini masih banyak BUMDES yang belum mengerti secara dalam mengenai Siklus Akuntansi. Sehingga kebanyakan Laporan Pertanggung Jawaban yang dibuat hanya sebatas pencatatan jumlah uang masuk dan keluar saja.

Padahal Sebuah Siklus Akuntansi ini lebih mendalam dari itu. Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan Sistem AKuntansi yang benar. (baca ; Manfaat Akuntansi BUMDES untuk Pihak Internal). Padahal Informasi mengenai Keuangan ini sangat berpengaruh terhadap apa yang akan dilaksanakan oleh management BUMDES.

Maka dari itu, ada baiknya jika BUMDES mulai mempelajari tentang Siklus Akuntansi dan mengaplikasikannya untuk kemajuan BUMDES. Nah bagi sahabat yang belum paham mengenai Siklus Akuntansi ini berikut kami sajikan apa itu yang dimaksud dengan Siklus Akuntansi?

Pengertian Siklus Akuntansi

Dalam sebuah laporan Keuangan, Informasi Laporan Keuangan ini dihasilkan melalui sebuah proses Akuntansi yang panjang. Dimana Proses Akuntansi ini mencakup dari beberapa tahapan yang harus dipenuhi guna bisa mendapatkan hasil laporan yang baik, valid dan akuntabel. Tahapan atau proses inilah yang dinamakan sebagai Siklus Akuntansi.

Pengertian siklus akuntansi adalah sebuah proses penyusunan suatu laporan keuangan yang harus bisa dipertanggungjawabkan dan diterima secara umum. Mulai dari prinsip-prinsip dan kaidah akuntansi, prosedur, metode, serta teknik yang berada di dalam lingkup akuntansi sepenuhnya dicatat dalam suatu periode tertentu.

Pada umumnya, siklus akuntansi selalu dimulai dengan aktivitas transaksi sampai dengan pembuatan laporan keuangan. Kemudian proses kembali dilanjutkan dengan adanya saldo yang ditutup dengan jurnal penutup atau sampai jurnal pembalik.

Jika sahabat merasa kebingungan untuk memahami lebih dalam mengenai Siklus Akuntansi ini sahabat bisa mengikuti Sekolah BUMDES Online Akuntansi BUMDES. Mengapa demikian? Karena dengan mengikuti pelatihan ini kita akan lebih mudah mempelajari skill yang baru, selain itu sahabat bisa mendapatkan Software Gratis selama 1 Bulan jika mengikuti Sekolah BUMDES Online Akuntansi BUMDES.

Sekolah BUMDES Online Akuntansi BUMDES ini akan dilaksanakan pada tanggal 4-6 Mei 2020. Sahabat akan tetap Produktif dengan kondisi sekarang ini tetap diperlukan adanya peningkatan diri untuk menyongsong masa depan BUMDES yang sahabat kelola.

Materi Sekolah BUMDes Online Akuntansi BUMDes ini adalah sebagai berikut :

  1. Pola Pengelolaan dan Akuntansi BUMDes
  2. Pencatatan Penerimaan dan Pengeluaran
  3. Pemanfaatan Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes
  4. Pelaporan dan Pertanggungjawaban BUMDes
  5. Pengawasan dan Pemeriksaan BUMDes

Instruktur Sekolah BUMDes Online Akuntansi BUMDes

Rudy Suryanto sebelumnya adalah auditor di PricewaterhouseCooper dan Erns & Young. Saat ini adalah Dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Managing Partner Syncore Consulting. Setelah selesai S2 dari Melbourne University, Rudy Suryanto banyak membantu Usaha Kecil Menengah dalam mengembangkan usahanya.

Selanjutnya Rudy Suryanto juga banyak membantu penguatan Tata Kelola dan Pelaporan Keuangan untuk Rumah Sakit, Puskesmas, khususnya yang dijalankan dengan pola BLU & BLUD. Selain menjadi dosen dan konsultan, Rudy Suryanto adalah pendiri Bumdes.id, sebuah inisiatif dan platform untuk menumbuhkan, menguatkan dan mengembangkan Bumdes di seluruh Indonesia.

Bagaimana Cara Daftarnya? Silakan langsung klik http://learning.co.id/daftar/akuntansibumdes

Informasi Lebih Lanjut Pelatihan BUMDes Online Akuntansi BUMDes melalui kontak di bawah ini: Telp/SMS/WA : Diana   : 0877 38 900 800 atau Tim BUMDes : 085 772 900 800

Dalam Sekolah BUMDES Online Akuntansi BUMDES ini sahabat akan mendapatkan Software Akuntansi yang sudah kami kembangkan selama 1 Bulan. Namun jika sahabat ingin lebih lama pemakaiannya bagi sahabat yang ingin mendapatkan 1 Tahun License Aplikasi ini sahabat hanya perlu menambah 750.000 saja. (Aplikasi ini 1 tahun dijual 2.500.000). (ahmad/bumdes.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *