Pentingnya Akuntansi untuk BUMDES

Sahabat BUMDes, dalam menjalankan sebuah Unit Usaha BUMDes tentunya diperlukan sebuah laporan keuangan yang berfungsi untuk mengetahui seberapa untungkah Unit Usaha BUMDes yang sudah kita jalankan. Seberapakah Pentingnya Akuntansi untuk BUMDES ini?

Akuntansi ini sendiri merupakan sebuah kegiatan pencatatan, mengolah dan menyajikan data. Dari mulai transaksi yang berhubungan dengan peristiwa keuangan sampai terbentuknya sebuah laporan Keuangan. Akuntansi memiliki tujuan tersendiri yaitu memberikan informasi yang relevan mengenai keuangan sebuah perusahaan atau Unit Usaha BUMDes.

Akuntansi sendiri juga bisa dikatan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap dana yang sudah BUMDES terima baik itu dari Pemerintah Desa atau dari Investor. Karena itulah Penting untuk menyajikan informasi keuangan yang berkaitan dengan dana Investor melalui proses Akuntansi.

Pentingnya Akuntansi untuk BUMDES

Ada berbagai keuntungan yang bisa sahabat BUMDes dapatkan jika menggunkan Akuntansi untuk BUMDes;

1 Menyediakan Informasi Keuangan

Peran Akuntansi dalam sebuah perusahaan tentunya adalah sebagai alat penyedia informasi segala macam bentuk kegiatan keuangan dalam sebuah Perusahaan atau Unit Usaha BUMDes. Segala data yang berkaitan dengan keuangan Unit Usaha BUMDes akan tercatat di dalam Akuntansi.

Sistem Akuntansi akan memudahkan kita sebagai pengelola untuk mengukur Kondisi Unit Usaha BUMDes yang kita jalankan. Selain itu juga Akuntansi berperan dalam pengambilan keputusan demi sebuah Unit Usaha BUMDes yang berjalan dengan baik.

2 Identifikasi Data Untuk Pengambilan Keputusan

Data yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan adalah sebuah data yang terdiri dari transaksi-transaksi atau kejadian dalam sebuah unit usaha bumdes. Oleh sebab itu sangat penting sekali Sistem Akuntansi ini untuk keberlangsungan Unit Usaha BUMDes.

3 Sumber Informasi Kepada Pemakai Laporan

Laporan Akuntansi yang dihasilkan ini tentunya akan dijadikan sebagai sumber informasi utama keuangan Unit Usaha BUMDes untuk mengetahui apakah Unit Usaha BUMDes yang dijalankan sudah berjalan di jalan yang benar dan sesuai dengan planning awal.

4 Alat Pengendali Keuangan

Melalui Akuntansi Kita bisa mengetahui berbagai macam data terkait dengan Keuangan BUMDes dan Unit Usaha BUMDes yang kita jalankan. Tentunya dari informasi ini kita bisa mengetahui apakah BUMDes yang kita jalankan memperoleh Keuntungan atau malah sebaliknya.

Itulah beberapa Pentingnya Akuntansi untuk BUMDES yang bisa sahabat dapatkan untuk kemajuan BUMDes yang sahabat Kelola. Bumdes.id bekerja sama dengan Learning.co.id akan mengadakan Pelatihan Online Akuntansi BUMDes.

akuntansi bumdes

Materi Pelatihan Online Akuntansi BUMDes ini adalah sebagai berikut :

  1. Pola Pengelolaan dan Akuntansi BUMDes
  2. Pencatatan Penerimaan dan Pengeluaran
  3. Pemanfaatan Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes
  4. Pelaporan dan Pertanggungjawaban BUMDes
  5. Pengawasan dan Pemeriksaan BUMDes

Instruktur Sekolah BUMDes Online Akuntansi BUMDes

Rudy Suryanto sebelumnya adalah auditor di PricewaterhouseCooper dan Erns & Young. Saat ini adalah Dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Managing Partner Syncore Consulting. Setelah selesai S2 dari Melbourne University, Rudy Suryanto banyak membantu Usaha Kecil Menengah dalam mengembangkan usahanya.

Selanjutnya Rudy Suryanto juga banyak membantu penguatan Tata Kelola dan Pelaporan Keuangan untuk Rumah Sakit, Puskesmas, khususnya yang dijalankan dengan pola BLU & BLUD. Selain menjadi dosen dan konsultan, Rudy Suryanto adalah pendiri Bumdes.id, sebuah inisiatif dan platform untuk menumbuhkan, menguatkan dan mengembangkan Bumdes di seluruh Indonesia.

Informasi Lebih Lanjut Pelatihan BUMDes Online Akuntansi BUMDes melalui kontak di bawah ini: Telp/SMS/WA : Diana   : 0877 38 900 800 atau Tim BUMDes : 085 772 900 800

#TerusBergerak #SekolahBumdesOnline #dirumahaja #workfromhome

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *