Pentingnya Pelaporan dan Pertanggungjawaban BUMDes

Bumdes.id Di dalam kegiatan pelaporan pertanggung jawaban BUMDes atau biasa kita sebut sebagai LPJ BUMDes yang merupakan pelaporan atas seluruh kegiatan yang telah dilakukan BUMDes.

Laporan Pertanggungjawaban BUMDes ini disusun atau dibuat oleh ketua, sekertaris dan bendahara. Item dari pada pelaporan yang harus dimasukkan ke dalam LPJ BUMDes oleh ketua berupa seluruh kegiatan mulai dari program kerja, pemilihan ketua pelaksana, serta kendala dan saran selama kegiatan.

Pelaporan yang harus dibuat oleh bendahara keuangan adalah pelaporan seluruh keuangan mulai dari sumber dana, tambahan dana yang diperoleh, rincian pengeluaran dana anggaran yang digunakan, dan yang paling penting adalah bukti pembayaran pengeluaran.

Di dalam membuat Laporan Pertanggungjawaban LPJ BUMDes perlu dilakukan secara tersusun rapi dan juga sistematis (mengikuti susunan/urutan tertentu yang bersifat logis); Komprehensif (mencakup keseluruhan informasi yang perlu diketahui, yaitumeliputi 5W+1H: What, Why, When, Where, Who, How).

Kegiatan di dalam menyusun LPJ BUMDes ini sangatlah penting dilakukan karena LPJ BUMDes ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pencapaian dari pada BUMDes sehinga dapat mengevaluasi selama satu periode berjalan.

Mengapa LPJ BUMDes menjadi sangat penting? Karena tujuan dari pada pembuatan LPJ BUMDes adalah untuk:

  1. Sebagai pengukur kemampuan serta untuk mempertanggung jawabkan hasil kerja pelaksana;
  2. Menjelaskan secara rinci kronologis kegiatan, pra kegiatan, saat pelaksanaan dan akhir pelaksanaan;
  3. Mengetahui kendala-kendala serta kekurangan-kekurangan yang dihadapi oleh pelaksana;
  4. Menjadi masukan atau saran untuk pelaksana kegiatan berikutnya agar dapat meningkatkan kualitas kegiatan serta tidak mengulangi kesalahan, kekurangan yang pernah dilakukan;
  5. Mempertangggung jawabkan keuangan kegiatan sehingga dana masuk dan keluar dapat diketahui secara rinci.

Begitu pentingnya sebuah LPJ BUMDes, tentu di dalam penyusunan dan pembuatan LPJ BUMDes tidak boleh ‘asal buat’. Harus benar-benar dilakukan secara baik, profesional dan tentu mengikuti cara-cara yang tepat.

Memang tidak mudah di dalam membuat LPJ BUMDes, tidak semua orang bisa membuat LPJ BUMDes. Oleh sebab itu perlu adanya training atau latihan bagaimana cara membuat LPJ BUMDes yang baik dan benar.

Bagi sahabat BUMDes sekalian beruntung karena ada pelatihan dari Sekolah Bumdes Online yang di dalam pelatihan tersebut juga berisi materi mengenai Laporan Pertanggungjawaban BUMDes.

Melalui training Online atau Sekolah BUMDes Online ini, peserta dapat belajar dan praktik secara mendalam mengenai tema materi akuntansi BUMDes, perihal pencatatan dan keuangan, sampai pada pembuatan pelaporan pertanggungjawaban BUMdes dan pengawasan serta pemeriksaan BUMDes.

Sekolah BUMDes Online Akuntansi BUMDes

Materi Sekolah BUMDes Online Akuntansi BUMDes ini adalah sebagai berikut :

  1. Pola Pengelolaan dan Akuntansi BUMDes
  2. Pencatatan Penerimaan dan Pengeluaran
  3. Pemanfaatan Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDes
  4. Pelaporan dan Pertanggungjawaban BUMDes
  5. Pengawasan dan Pemeriksaan BUMDes

Instruktur Sekolah BUMDes Online Akuntansi BUMDes

Rudy Suryanto sebelumnya adalah auditor di PricewaterhouseCooper dan Erns & Young. Saat ini adalah Dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Managing Partner Syncore Consulting. Setelah selesai S2 dari Melbourne University, Rudy Suryanto banyak membantu Usaha Kecil Menengah dalam mengembangkan usahanya.

Selanjutnya Rudy Suryanto juga banyak membantu penguatan Tata Kelola dan Pelaporan Keuangan untuk Rumah Sakit, Puskesmas, khususnya yang dijalankan dengan pola BLU & BLUD. Selain menjadi dosen dan konsultan, Rudy Suryanto adalah pendiri Bumdes.id, sebuah inisiatif dan platform untuk menumbuhkan, menguatkan dan mengembangkan Bumdes di seluruh Indonesia.

Bagaimana Cara Daftarnya? Silakan langsung klik http://learning.co.id/daftar/akuntansibumdes

Informasi Lebih Lanjut Pelatihan BUMDes Online Akuntansi BUMDes melalui kontak di bawah ini: Telp/SMS/WA : Diana   : 0877 38 900 800 atau Tim BUMDes : 085 772 900 800

#TerusBergerak #SekolahBumdesOnline #dirumahaja #workfromhome

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *