Apa itu Konggress Kebudayaan Desa

Konggress Kebudayaan Desa

Konggress Kebudayaan Desa

Di Tengah Pandemi seperti sekarang ini, Desa yang menjadi garda terdepan dalam memutus mata rantai penyebaran harus bisa tetap berdiri didepan. Meskipun akan ada banyak rintangan yang harus dihadapi. Namun Desa harus tetap bisa untuk menjadi pemutus mata rantai pertama dengan mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat.

Namun Desa tetap harus bisa berkarya dan bisa menjadi yang pertama dalam upaya mengembalikan Ekonomi Indonesia dari Desa lewat kembali ke Jati Diri Desa. Oleh sebab itu muncullah sebuah gagasan untuk membuat Konggress Kebudayaan Desa.

Kongres Kebudayaan Desa merupakan inisiatif Sanggar Inovasi Desa Panggungharjo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menjawab perubahan tatanan masyarakat desa akibat pandemi COVID-19.

Rangkaian acara mulai dari riset, serial webinar, festival kebudayaan, call for paper, dan deklarasi kebudayaan. Diselenggarakan dalam rentang 1 Juni hingga 15 Agustus 2020. Menyorot 18 topik dan melibatkan lebih dari 90 narasumber.

Gagasan ini didukung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar. Menurutnya, Kongres Kebudayaan Desa yang digagas Lurah Panggungharjo—Wahyudi Anggoro Hadi—ini, bisa menjadi gambaran strategis arah tatanan Indonesia baru yang dimulai dari desa. Karena desa merupakan pusat perubahan dan peradaban baru di era new normal.

Hasil Kongres Kebudayaan Desa akan dibukukan. Sehingga bisa menjadi proyeksi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) bagi desa-desa di Indonesia. Harapannya, keluaran Kongres Kebudayaan Desa ini bisa menjadi acuan pemerintah dan masyarakat desa di seluruh Indonesia untuk bertransformasi dalam tata kehidupan baru pasca pandemi COVID-19.

Saatnya kita Bergerak dari Desa.

Untuk Sahabat BUMDES yang ingin mengikuti Seri Webinar dan berbagai macam Event Konggress Kebudayaan Desa, sahabat bisa melakukan Registrasi di https://learning.co.id/catalog/kategori_produk/1

Saatnya Indonesia Bergerak dari Desa. Membangun dan Menguatkan Ekonomi Dari Desa. Desa Bisa!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *