Konggress Kebudayaan Desa; Inklusi Sosial

Sahabat BUMDes, sudah kita ketahui bersama bahwa Sejak Desember 2019, pelan tapi pasti, dunia memasuki retreat yang panjang. Aktivitas berhenti, pemerintahan di seluruh dunia menghadapi virus Covid-19 yang belum ditemukan vaksinnya. Di Indonesia, sejak pertengahan Maret 2020, seluruh pekerja kantor mengubah ritme kerjanya menjadi work from home (WFH).

Kondisi ini menjadi pukulan telak pada berbagai sektor kehidupan. Saat roda ekonomi berhenti, risiko yang dihadapi ke depan semakin menyeramkan. Sebanyak 1,2-2 juta pekerja terkena PHK. Angka kemiskinan yang sejak reformasi bergulir coba dikurangi, dalam sekejap naik berkali-kali lipat. Mereka yang sempat terangkat dari kemiskinan, akibat Covid-19 akhirnya kembali ke jurang kemiskinan.

Selain dampak ekonomi, virus Covid-19 juga membawa dampak lain dalam kehidupan sosial masyarakat. Timbul rasa curiga dan hilangnya kepercayaan terhadap orang-orang di sekitar kita, juga pada orang yang kita belum kenal.

Prasangka dan diskriminasi terus terjadi, bukan hanya karena apakah ia menderita Covid-19, tetapi juga karena identitas yang sudah melekat padanya. Mereka diberikan label, stereotip, didiskriminasi, diperlakukan berbeda, dan/atau mengalami pelecehan status karena terasosiasi dengan sebuah penyakit. Relasi berubah, perilaku pun demikian.

Webinar Seri Khusus Inklusi ini untuk mengembangkan sistem keberagaman yang inklusif di desa hingga mampu menjadi pondasi resiliensi masyarakat di masa krisis. Selain itu, agar terciptanya peluang-peluang baru untuk membangun situasi masyarakat inklusif di Indonesia dalam menyongsong tatanan baru.

Narasumber:

  1. Dani Pristiawan (Kepala Desa Salamrejo, Kulonprogo)
  2. Wahyu Adi Nugroho (Kepala Dusun Senden Desa Sidorejo, Kulonprogo)
  3. Otong Suryana (Sekretaris Desa Limbangan Timur, Garut)
  4. KH. Imam Aziz (Staf Ahli Wakil Presiden RI)
  5. Abetnego Tarigan (Departemen HI FISIPOL UGM)*
  6. Ayu Diasti Rahmawati (Departemen HI FISIPOL UGM)
  7. Shinta Ratri (Ponfok Pesantren Waria Al-Fatah, Kotagede, Yogyakarta

Moderator:

Andi Suryaningati (Team Leader PEDULI TAF)

Registrasi peserta:
https://learning.co.id/webinar/kkdinklusi

Info Lebih Lanjut :
Instagram/Twitter @kongresdesa
Fans Page FB Kongres Kebudayaan Desa
Website: https://kongreskebudayaandesa.id/
Live Youtube: kongres kebudayaan desa

#kongreskebudayaandesa
#desamelawancovid
#membacadesamengejaindonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *