Panduan Registrasi/Daftar BUMDES di Kemendes PDTT

Sahabat BUMDES, Sebagai pengelola Badan Usaha Milik Desa, kita harus melakukan beberapa hal untuk memajukan BUMDES yang kita kelola. Salah satu hal yang perlu kita lakukan sesegera mungkin adalah melakukan registrasi BUMDES yang kita kelola di Kemendes PDTT.

Hal ini berdasarkan surat dari┬áKementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia dengan nomor : 2126/PRI.02/VII/2020 pada tanggal 1 Juli 2020 hal Registrasi BUMDesa 2020 yang ditujukan kepada Kepala Desa se- Indonesia, menyebutkan bahwa Dalam rangka pembinaan Kelembagaan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dan sebagai tindak lanjut Keputusan Menteri Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi Nomor 96 Tahun 2019 tentang Aplikasi Teknologi Informasi Terintegrasi di lingkungan Kementerian Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), agar Kepala Desa menginstruksikan kepada Direktur BUM Desa untuk melakukan registrasi melalui aplikasi registrasi BUM Desa yang dapat diunduh di playstore (untuk android), dengan nama aplikasi “BUMDES”. Untuk BUM Desa yang tidak terdapat jaringan internet registrasi dapat dilakukan secara manual sesuai dengan format yang telah disediakan (ada di lampiran surat dari kemendesa PDTT).

Registrasi ini bersifat wajib dilakukan oleh setiap BUMDes, untuk mendapatkan nomor registrasi dari Kemendesa PDTT. Registrasi ini diperlukan sebagai prasyarat untuk mendapatkan berbagai fasilitas pembinaan dari Kemendesa PDTT.

Bagi BUMDes yang sudah melakukan registrasi pada tahun 2019 wajib melakukan registrsi ulang dengan cara update aplikasi dan menambahkan/ memperbaharui dari informasi yang sudah dilakukan.

Untuk detail lebih lanjut sahabat bisa membaca pengumuman lebih lanjut dibawah ini ;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *