Bagaimana Mengukur BUMDES dalam Menghasilkan Keuntungan?

Bagaimana Mengukur BUMDES dalam Menghasilkan Keuntungan?

Bagaimana Mengukur BUMDES dalam Menghasilkan Keuntungan?

Mendirikan sebuah Badan Usaha tentu ada satu hal yang kita inginkan yaitu menghasilkan Keuntungan. Selain itu juga sebuah badan usaha ini juga dapat diketahui apakah memiliki sebuah masalah atau bisa menghasilkan keuntungan adalah dengan bisa dikendalikannya manajemen/pengelola lewat Laporan keuangan.

Dengan akuntansi yang benar maka akan menghasilkan laporan keuangan yang informatif dan benar pula. Dan dari laporan keuangan tersebut kita dapat mengukur tentang kinerja Badan Usaha Milik Desa. Apakah BUMDes tersebut sakit, sedang atau sehat keuangannya.

Untuk menganalisa laporan keuangan BUMDes perlu kita pahami tentang rasio rasio keuangan BUMDes tersebut, sehingga dengan rasio tersebut kita bisa menganalisa kondisi keuangan Badan Usaha Milik Desa sehat atau sakit. Setidaknya ada 4 kelompok rasio yang digunakan dalam menganalisa keuangan Badan Usaha Milik Desa, yaitu:

  1. Kelompok Rasio PROFITABILITAS (Mengukur kemampuan perusahaan menghasilkan Laba)
  2. Kelompok Rasio LIKUIDITAS (Mengukur kemampuan perusahaan membayar utang jangka pendeknya)
  3. Kelompok Rasio AKTIVITAS (Mengukur efektifitas tatakelola aset perusahaan)
  4. Kelompok Rasio STRUKTUR MODAL/LEVERAGE (Mengukur kemampuan perusahaan membayar utang jangka panjangnya.)

Selengkapnya tentang Rasio Keuangan Bumdes bisa baca di Rasio Keuangan Dalam Laporan Keuangan BUMDes. Dengan memperhatikan Rasio Keuangan BUMDES tersebut diatas maka kita akan bisa mengukur apakah BUMDES yang ada di Desa kita atau BUMDES yang kita kelola menghasilkan keuntungan atau tidak.

Bagi sahabat yang mengingkan Aplikasi Akuntansi BUMDES, kami bumdes.id menyediakan Aplikasi Akuntansi BUMDES yang bisa sahabat gunakan untuk membantu pelaporan Keuangan BUMDES yang sahabat Kelola.

Jika sahabat ingin memiliki Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDES ini silahkan langsung saja menghubungi kami, kami akan latih sahabat untuk menggunakan Aplikasi ini dan kami dampingi penggunaannya.

Tetap semangat untuk menumbuh kembangkan BUMDES, agar BUMDES bisa menjadi Garda terdepan dalam pemulihan Ekonomi Nasional di tengah Pandemi ini. Salam BUMDES Sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *