Elemen-Elemen Laporan Keuangan BUMDES yang Perlu Diketahui

Elemen-Elemen Laporan Keuangan BUMDES

Elemen-Elemen Laporan Keuangan BUMDES

BUMDES merupakan sebuah Badan Usaha Milik Desa yang sebagian Modal awalnya ini diberikan oleh Pemerintah Desa melalui Anggaran Dana Desa yang disertakan oleh Pemerintah Desa sebagai Modal awal dalam pendirian atau pembentukan BUMDES.

Tentu dengan Modal awal yang bersumber dari dana dari Pemerintah diperlukan adanya Pelaporan Keuangan yang sesuai dengan Aturan Pemerintah yang berlaku.

Oleh sebab itu Laporan Keuangan BUMDES ini perlu untuk dibuat dan dilakukan sedetail mungkin agar apa yang menjadi Tujuan Awal dari BUMDES yang Akuntable ini dapat dipercaya oleh Masyarakat dengan adanya pelaporan Keuangan yang Jelas.

Elemen-Elemen Laporan Keuangan BUMDES berikut ini memiliki tujuan akhir yang menyediakan informasi kepada Pengelola baik itu dari segi Pengurus BUMDES maupun Pemerintah Desa untuk Pengambilan Keputusan BUMDES.

Oleh sebab itu dalam penyusunan Pelaporan Keuangan BUMDES harus memenuhi beberapa elemen berikut ini ;

  1. Bab 1 Pendahuluan
  2. Bab 2 Tata Cara Penetapan Saldo Awal
  3. Bab 3 Laporan Keuangan
  4. Bab 4 Akuntansi Aset
  5. Bab 5 Akuntansi Kewajiban
  6. Bab 6 Akuntansi Ekuitas
  7. Bab 7 Laporan Operasional
  8. Bab 8 Laporan Arus Kas
  9. Bab 9 Laporan Perubahan Ekuitas
  10. Bab 10 Catatan Atas Laporan Keuangan

Nah itu tadi adalah Elemen-Elemen Laporan Keuangan BUMDES yang perlu sahabat perhatikan dalam penyusunan Pelaporan Keuangan BUMDES. Kami BUMDES.ID juga menyelenggarakan Pelatihan Akuntansi BUMDES baik secara Online dan Offline. Selain itu juga kami juga memiliki Sebuah Sistem Aplikasi Akuntansi BUMDES yang bisa sahabat gunakan untuk Pelaporan Keuangan BUMDES Sahabat.

Jika ada informasi yang ingin ditanyakan mengenai BUMDES sahabat bisa langsung klik tombol whatsapp dilayar smartphone sahabat atau bisa menghubungi kami di 085 772 900 800.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *