Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Penyusunan Laporan Keuangan BUMDES

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Penyusunan Laporan Keuangan BUMDES

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Penyusunan Laporan Keuangan BUMDES

bumdes.id ~ Ada berbagai manfaat yang diperoleh dari Laporan Keuangan, terutama untuk BUMDES dan Pemerintah Desa. Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan BUMDES jika memiliki Laporan Keuangan. (baca ; Manfaat Laporan Keuangan untuk Pihak Internal BUMDES)

Dari berbagai manfaat tersebut, tentu manfaat yang paling terlihat adalah untuk pengambilan keputusan. Baik itu keputusan untuk kelangsungan sebuah unit usaha BUMDES atau berbagai macam keputusan lainnya mengenai kinerja BUMDES dalam sebuah periode.

Dalam membuat sebuah laporan keuangan, tentu ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Apakah sahabat mengetahui Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Penyusunan Laporan Keuangan BUMDES?

Berikut ini adalah Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Penyusunan Laporan Keuangan BUMDES ;

Ada hal utama yang perlu pengurus BUMDES ketahui sebelum membuat sebuah laporan Keuangan. Hal pertama yang harus sahabat BUMDES ketahui adalah mengenal / melakukan langkah tujuh kenal sebagai berikut ;

1. Mengenali entitas

Mengenali Entitas ini dibagi menjadi tiga hal utama yaitu ;

  • Entitas laba (perseorangan, cv, pt, Koperasi)
  • Entitas Nirlaba ( Yayasan, Lembaga, Zakat)
  • Entitas Kombinasi ( BLU, BLUD, BUMDES dll)

2. Mengenali jenis usaha dan unit

Hal yang kedua yang perlu diperhatikan adalah mengenali Jenis Usaha BUMDES. Secara umum ada tiga jenis Unit Usaha BUMDES yaitu jasa, perdagangan, dan manufaktur. Selain itu juga BUMDES ini merupakan sebuah salah satu unit usaha yang bisa single unit atau multi unit (memiliki beberapa jenis unit usaha).

3. Menggali sumber dana

Dalam sebuah Badan Usaha pasti memiliki sumber dana. Kita sebagai pengelola Badan Usaha Milik Desa tentu harus mengetahui sumber Dana yang kita peroleh untuk kita gunakan dalam menjalankan Usaha BUMDES.

Apakah Sumber Dana ini dari Pemerintah Desa dari Anggaran Dana Desa, atau dana hibah atau dana dari swadaya masyarakat. Tentu kita harus mengetahui sumber dana ini sebagai tahapan dalam pembuatan laporan keuangan BUMDES.

4. Mengenali kegiatan

Dalam tahapan untuk mengenali Unit Usaha BUMDES ini, ada 5 Hal yang harus diperhatikan oleh sahabat. Diantaranya adalah sebagai berikut ;

  • Apa jenis udaha anda ?
  • Siapa segem customer anda?
  • Apa produk anda?
  • Bagaimana proses usaha anda?
  • Apa sumber daya yang diperlukan?

5. Mengenali kelompok akun

Dalam membuat sebuah laporan keuangan, tentu kelompok akun adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan sahabat. Oleh sebab itu sahabat harus mengetahui tentang kelompok akun ini.

Secara umum kelompok akun ini dibagi menjadi beberapa hal dibawah ini;

  • Asset lancar, asset tetap, kewajiban lancer, kewajiban jangka Panjang, ekuitas
  • Pendapatan, biaya layanan, biaya administrasi dan umum, biaya non operasional

6. Mengenali transaksi

Kenal selanjutnya adalah menggali transaksi yang dilakukan oleh BUMDES. Untuk menggali Transaksi yang sudah dilakukan ini kita bisa menggunakan metode 4P yaitu pengukuran, pengakuan, penyajian dan pengungkapan.

7. Mengenali periodesasi

Tahapan terakhir sebelum membuat laporan keuangan untuk BUMDES adalah dengan kenal dengan Periodesasi pelaporan keuangan. Apakah nantinya laporan keuangan yang kita sajikan ini untuk laporan keuangan bulanan, triwulan, sementeran dan tahunan.

Nah itu sahabat Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Penyusunan Laporan Keuangan BUMDES. Jika sahabat masih kebingungan dengan hal tersebut diatas, sahabat bisa mengikuti Training Akuntansi BUMDES yang setiap bulannya kami selenggarakan.

Jika ada informasi yang ingin ditanyakan mengenai BUMDES sahabat bisa langsung klik tombol whatsapp dilayar smartphone sahabat atau bisa menghubungi kami di 085 772 900 800. [Ahmad/Tim bumdes.id]

1 Komentar

  1. ijin admin.
    registrasinya kemana ya ?
    menurut artikel ini adalah kendala di bumdes yg masih merintis. seperti kami.

    mungkin kalo tim bumdes .id membuat wbinar akan lebih bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *