Tahapan Pengembangan Potensi Desa untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Tahapan Pengembangan Potensi Desa untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Tahapan Pengembangan Potensi Desa untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

BUMDES.ID, Sahabat BUMDES, dalam mengembangkan Unit Usaha BUMDES tentu ada banyak hal yang perlu kita persiapkan. Salah satu hal yang perlu kita persiapkan dengan benar diawal adalah Pengembangan Potensi Desa.

Perlu kita bersama adalah setiap desa memiliki Potensi. Baik itu potensi dari alam yang dimilikinya atau sektor sosial masyarakatnya. Tergantung dari mana kita bisa melihat potensi yang dimiliki oleh setiap Desa.

Oleh sebab itu dalam tahapan awal dalam pembentukan Badan Usaha Milik Desa ini, sebelum memulai unit usaha apa yang nantinya akan dijalankan. Tahapan pertama yang bisa dilakukan oleh seorang pengelola BUMDES atau Pemerintah Desa ini adalah Pemetaan Potensi.

Secara umum pemetaan potensi ini bisa berdasarkan dua hal utama. Pertama adalah Potensi yang berdasarkan dengan keadaan Alam (Potensi Alam) atau potensi unit usaha yang bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh kebanyakan masyarakat.

Tentu BUMDES yang bisa bekerja dengan baik adalah BUMDES yang bisa menjalankan Unit Usaha yang berdasarkan apa yang sedang didahapi oleh masyarakat. Tentu ini akan langsung bisa ke tujuan utama adanya BUMDES yaitu mensejahterakan Masyarakat.

Hal ini dikarenakan BUMDES yang didirikan ini berdasarkan dengan masalah yang banyak dihadapi oleh masyarakat. Sehingga secara tidak langsung BUMDES ini akan mendapatkan dukungan penuh oleh masyarakat.

Untuk itu sahabat perlu mengetahui apa saja hal yang perlu dipersiapkan oleh Pemerintah Desa atau Pengelola BUMDES untuk Tahapan Pengembangan Potensi Desa untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Secara umum dibagi menjadi lima hal dibawah ini ;

  1. Pembentukan Bumdes – Pemetaan Potensi dan Pemilihan Jenis Usaha ; Pemetaan Potensi BUMDES ini bisa dilakukan dengan Pemetaan Bentang, Perancangan Model Bisnis Bumdes, Penyusunan Rencana Unit Usaha Bumdes dan Analisa Kelayakan Usaha Bumdes.
  2. Penguatan Manajemen Bumdes ; Rencana Strategis Bumdes, Rencana Kegiatan dan Anggaran Bumdes, Pedoman dan SOP Bumdes. Ketiga hal tersebut diatas adalah pilar utama untuk menumbuh kembangkan BUMDES.
  3. Akuntansi Bumdes ; Akuntansi BUMDES ini bertujuan untuk Pelaporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa. Dengan adanya pelaporan keuangan BUMDES yang sesuai dengan Kaidah Akuntansi ini nantinya bisa digunakan oleh Pengelola BUMDES untuk pengambilan keputusan terkait Unit Usaha BUMDES.
  4. Akses Pasar / Digital Marketing ; Tahapan ini adalah tahapan untuk memasarkan produk BUMDES kita menjangkau lebih banyak pasar.
  5. Inkubasi dan Kemitraan; Agar BUMDES bisa terus melebarkan sayapnya, tentu diperlukan adanya kemitraan dengan berbagai pihak untuk bisa mengembangkan BUMDES lebih lanjut lagi.

Itu tadi adalah 5 Tahapan Pengembangan Potensi Desa untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jika sahabat masih bingung dengan Tahapan ini, sahabat bisa mengikuti Pelatihan BUMDES yang kami selenggarakan.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai Pelatihan BUMDES ini, sahabat bisa menghubungi kami dengan klik tombol whatsapp atau email yang ada di Layar Smartphone Bapak/Ibu sekalian. Terima Kasih, tetap semangat untuk menumbuh kembangkan BUMDES di tengah Pandemi ini.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *