3 Kunci Sukses Membuat Desa Maju dan Mandiri

3 Kunci Sukses Membuat Desa Maju dan Mandiri

3 Kunci Sukses Membuat Desa Maju dan Mandiri

Di Tengah Pandemi seperti sekarang ini, Desa menjadi ujung tombak untuk Pemulihan Ekonomi skala Nasional. Tentu ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Perlu adanya perjuangan dan kerja keras untuk mewujudkan hal ini.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Desa harus bisa menjadi pusat produksi berbagai macam kebutuhan pangan yang dibutuhkan oleh setiap orang untuk menjaga sistem imun dengan berbagai kebutuhan pokok organik. Tentu diperlukan adanya sebuah gerakan untuk Bela Beli Produk Desa/BUMDES serta pemanfaatan lahan kosong untuk Tanam apa yang kita makan dan Makan apa yang kita tanam.

Oleh sebab itu sebagai seorang Pengelola BUMDES atau Pemerintah Desa, kita harus terus bergerak untuk bisa mewujudkan hal tersebut. Berikut ini adalah 3 Kunci Sukses Membuat Desa Maju dan Mandiri ;

  1. Swa Karsa, yakni Nasib Desa tidak akan berubah, kecuali warga desa itu sendiri yang merubahnya (Kesadaran – Partisipasi – Inisiatif –Kontribusi). Hal ini jelas, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk mewujudkan ini.
  2. Swa Daya, yakni Komitmen dan Kesediaan untuk kolaborasi (gotong royong) karena tidak ada hal besar dapat diraih tanpa kerjasama. Gotong Royong adalah prinsip yang sudah kita pegang teguh sejak jaman dahulu kala. Tentu di Era Pandemi ini kita harus kembali bergotong royong untuk bisa keluar dari masa krisis ini.
  3. Swa Sembada Kemandirian hadir dalam bentuk mampu mengambil keputusan terbaik untuk desa kita sendiri (POLITIK), mampu mengelola modal sosial / gotong royong untuk menyelesaikan masalah secara mandiri (SOSIAL) dan mampu mencukupi kebutuhan sendiri (EKONOMI).

Contoh kisah sukses Bumdes di Yogyakarta salah satunya adalah Bumdes Panggung Lestari yang memanfaatkan sampah sebagai usaha desa. Bumdes Panggung lestari fokus pada apa yang dimiliki, disana mereka memiliki sampah yang selanjutnya dikelola dengan baik. Potensi adalah ilusi maka fokuslah pada kekuatan atau kapabilitas tim, 3 tahun pertama adalah fokus pada 1 bidang usaha. Jika fokus pada potensi maka dibutuhkan modal besar salah satunya menggunakan pemetaan potensi untuk perusahaan baru dirintis maka fokus saja pada kekuatan diri.

Selain itu juga di Era Pandemi ini BUMDes Panggung Lestari berhasil menciptakan sebuah inovasi yang digarap oleh berbagai macam elemen masyarakat yang tersinergi dengan Pemerintah Desa dan BUMDES untuk mengembangkan sebuah Situs Pasardesa.id. Tentu apa yang dikembangkan ini adalah untuk menguatkan Ekonomi Lokal.

Kami juga menyediakan Platform untuk sahabat bumdes yang ingin mendukung gerakan bela beli produk bumdes ini. Sahabat bisa mengunjungi Katalog.bumdes.id untuk melakukan transaksi pembelian. Untuk bergabung menambahkan produk, sahabat bisa melakukan pendaftaran di profil.bumdes.id 

Tetap semangat membangun Desa di Tengah Pandemi demi kemajuan BUMDES.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *