BUMDES Tangguh; Bumdes Amerta Jyoti, Desa Beraban, Kediri-Tabanan, Bali

Bumdes Amerta Jyoti, Desa Beraban, Kediri-Tabanan, Bali

Bumdes Amerta Jyoti, Desa Beraban, Kediri-Tabanan, Bali

Bumdes Amerta Jyoti ini terbentuk pada tahun 2017 melalui hasil Musyawarah Desa dan sebagai tahap awal berdirinya BUMDES Amerta Jyoti ini Pemerintah Desa Beraban memberikan penyertaan Modal untuk BUMDES pada bulan Oktober 2018.

BUMDES Amerta Jyoti kalau dilihat dari awal berdirinya ini bisa dikatakan sebagai BUMDES yang masih Bayi. Namun kita sebagai Pengelola BUMDES selalu ingin belajar dan terus bergerak agar BUMDES kami ini bisa berkembang dan mensejahterakan masyarakat.

Untuk Produk unggulan, Kami BUMDES Amerta Jyoti memiliki Produk unggulan utama yang saat ini juga terpengaruh dengan Pandemi ini yaitu Destinasi Wisata Tanah Lot yang kami kerjasamakan dengan desa adat yang kita kelola dan Pemda.

Selain itu juga, Desa kami juga memiliki keunggulan yaitu memiliki lahan pertanian yang cukup luas yaitu lebih dari 300 ha. Dengan potensi lahan pertanian yang cukup luas tersebut, kebanyakan masyarakat kami bergerak di bidang pertanian.

Oleh sebab itu, dengan potensi pertanian yang dimiliki tersebut, kami BUMDES Amerta Jyoti memiliki inisiatif untuk menjadikan Produk Pertanian tersebut menjadi Produk unggulan yang ada di BUMDES kami yaitu beras lokal unggulan yang kami jual atau lakukan kerjasama dengan berbagai Warung / Swalayan yang ada di seputar desa.

Selain itu juga, kami juga membuat Produk turunan dari produk utama beras tadi. Produk turunan yang kami buat adalah Kerupuk Beras Runyam dengan design dan kemasan menggunakan Logo destinasi Tanah Lot yang juga berlokasi di Desa kami. Runyam ini adalah kepanjangan dari Renyah, Enak dan Nyaman (Runyam).

Selain beras, hasil pertanian dari desa kami juga ada singkong yang kami buat turunan produknya dan kami kemas dengan nama Keripik Singkong Lamis.

Yang ketiga produk yang kami jual adalah Keripik Kulit Ayam Kriuk yang semuanya kami design hampir sama dengan keripik beras dan singkong yaitu dengan memberikan Logo dari Tanah Lot.

Kami juga menampung sekitar 40 UMM yang berada di Desa kita untuk kita bantu buatkan sebuah wadah di salah satu unit usaha BUMDES yang kita jalankan yaitu Unit Kantin Desa.

Kami juga menyediakan Souvenir khas desa kami yang terbuat dari kelapa yang juga kita jual di Destinasi Wisata Tanah Lot di Kios-Kios yang ada di sekitar destinasi wisata.

Untuk unit yang lain, kami juga ada Unit Usaha ATK dan Fotokopi, yang kedua adalah Unit Usaha Kantin Desa, Unit Usaha Produksi Pertanian selain untuk membantu mobilitas masyarakat kami juga menyediakan unit Jasa seperti Samsat Desa yang kami kerjasamakan dengan BUMDES desa lain yang ada di Kecamatan Kediri.

Yang Kedua adalah Jasa penyewaan tempat untuk Olahraga, yaitu Lapangan Sepakbola, Basket, Voli dan Gedung Pertemuan.

Untuk melakukan pembelian terhadap Produk BUMDES Amerta Jyoti, Desa Beraban, Kediri-Tabanan, Bali sahabat bisa klik halaman Profil BUMDES Amerta Jyoti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *