BUMDES Tangguh; BUMDES Mitra Sejahtera Desa Cikadu Kecamatan Cijambe Subang Jawa Barat

BUMDES Mitra Sejahtera Desa Cikadu Kecamatan Cijambe Subang Jawa Barat

BUMDES Mitra sejahtera ini terbentuk pada Tanggal 17 Februari 2019, Mungkin kami masih bayi, tapi dengan semangat dan kerja keras kami selaku pengurus BUMDES Mitra Sejahtera Desa Cikadu ini bisa melakukan beberapa Jenis Usaha.

Kami juga, berencana untuk mengembangkan beberapa Jenis Unit usaha baru yang bisa menyelesaikan beberapa persoalan yang sedang dialami oleh masyarakat yang ada di Desa kami.

Unit usaha pertama yang kami jalankan adalah memproduksi Pupuk Kompos. Mengapa Pupuk kompos ini yang kami Pilih? Tentu ini tidak langsung memilih pupuk kompos secara langsung, namun karena tentunya didasari dari masalah yang ada di Masyarakat.

Hal ini karena banyak sekali ketersediaan barang untuk produksi pupuk kompos ini yang ada di Desa kami yang belum dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Ada kotoran-kotoran ternak dan limbah rumah tangga lainnya yang bisa kami
manfaatkan untuk membuat unit usaha pupuk kompos ini.

Unit usaha yang kedua yang dijalankan oleh BUMDES BUMDES Mitra Sejahtera Desa Cikadu adalah Unit percetakan. Karena lokasi desa kami yang tergolong cukup jauh dari Pemerintahan Daerah, maka kami berdiskusi dengan pemerintah desa serta masyarakat akhirnya sepakat untuk memulai Usaha Percetakan ini.

Di Era pandemi ini, kami bersama dengan Pemerintah Desa berkeliling untuk berdiskusi dengan Masyarakat baik itu tingkat RT dan RW tentang keluh kesah apa saja yang dialami oleh masyarakat.

Dengan hasil diskusi dengan Masyarakat tersebut, kami pengelola BUMDES dan Pemerintah Desa mengumpulkan kelompok Ibu-Ibu yang memproduksi keripik pisang, keripik singkong selama masa pandemi ini yang terkendala dalam Pemasaran, maka kami selaku Pengelola BUMDES berinisiatif untuk membuat penjualan tersebut secara Online.

Dan alhamdulillah Kelompok-kelompok tersebut bisa kami bantu dan bisa menjual Produknya secara Online. Terang Ajang Suryana selaku Pengelola BUMDES Mitra Sejahtera Desa Cikadu.

Selanjutnya kami berencana untuk mengembangkan Unit Usaha Budidaya Kambing, dengan harapan kita bisa memiliki bahan bisa menambah bahan baku untuk pupuk kompos yang kami produksi. Selain itu juga karena Potensi Rumput yang cukup berlimpah yang ada di Desa kami sehingga kami berencana untuk memulai Unit Usaha Budidaya Pengembangan dan Penggemukan Kambing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *