Desa harus Menggali Potensi untuk Bisa Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat dan Menjadi Desa Mandiri

Desa harus Menggali Potensi untuk Bisa Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat dan Menjadi Desa Mandiri

Desa harus Menggali Potensi untuk Bisa Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat dan Menjadi Desa Mandiri

Setiap desa memiliki potensi, ini adalah sebuah gambaran yang ada di Seluruh Desa yang ada di negeri kita tercinta ini. Beragam potensi ada di setiap desa diseluruh penjuru negeri ini. Baik itu potensi alam maupun potensi sosial dari masyarakat yang tinggal di desa ini.

Tidak mungkin suatu desa tidak memiliki potensi sama sekali. Akan tetapi yang menjadi masalah adalah setiap potensi yang dimiliki ini tidak semuanya menjadi peluang. Tidak semua potensi yang dimiliki bisa dijadikan sebuah hal yang bisa membuat masyarakat sejahtera.

Hal pertama yang harus dilakukan oleh Pemerintah Desa atau dalam hal ini BUMDES adalah memiliki Kharakteristik Pembeda. Kita harus mampu “Melihat sebelum yang lain melihat, memahami sebelum yang lain paham, dan bertindak sebelum orang lain bertindak”.

Tentu ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Kharakter pembeda ini adalah kharakter untuk membuat Desa Mandiri dan salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menentukan peluang usaha.

Kita dapat menganalisis dari potensi dan problem yang ada di desa, Kemudian dari kedua hal tersebut, yang memiliki peluang usaha yang berkelanjutan adalah hal yang harus kita temukan dan pecahkan.

Bisnis yang didirikan untuk memecahkan permasalahan di masyarakat adalah bisnis yang akan berkelanjutan. Seperti misalnya di desa anda terjadi kesulitan air bersih maka  bumdes bisa mendirikan usaha peyedia jasa air bersih seperti PDAM desa .

Apabila memilih peluang usaha dari potensi, katakanlah  anda akan memanfaatkan potensi alam dengan membuat wisata desa. wisata desa ini bukan hanya bisa dinikmati, untuk membuat wisata desa yang menarik kita harus membuat :

  1. Apa yang bisa dilihat; dari wisata desa anda, kira-kira apa yang bisa dilihat oleh wisatawan, apakah kearifan lokalnya, keindahan alamnya, kebudayaannya, atau yang lain.
  2. Apa yang bisa dimainkan; jika mengunjungi desa wisata, akan membosankan apabila tidak ada yang bisa dimainkan. Orang hanya akan lewat saja setelah berfoto di tempat yang indah. Apabila adayang bisa dimainkan, orang akan membayar berapapun karena mereka penasaran.
  3. Apa yang bisa dimakan; selain yang dimainkan atau setelah foto-foto, para pengunjung akan kelelahan maka perlu makanan. Anda bisa menyajikan makanan khas dari desa anda.
  4. Apa yang bisa dipamerkan; dalam membangun wisata desa, anda juga harus memperhatikan apa yang bisa dipamerkan seperti misalkan kebudayaan khas dari desa anda.

Jika semuanya telah dibuat, para wisatawan bisa bercerita dihalaman sosial medianya tentang desa anda, sehingga akan banyak orang yang berkunjung ke desa anda.

Anda harus Bersyukur hidup di desa, Berbangga dengan kondisi alam dan budaya, Menyesuaikan diri tanpa kehilangan jati diri. Warga desa harus merubah mindset untuk bertekad maju bukan terus memegang pemikiran tangan di bawah.

Sebagai warga desa harus memiliki pemikiran maju, mengubah masalah menjadi peluang (revolusi mindset). Focus pada satu titik kekuatan (One Village one Goal, One Village One Product). Memobilisasi modal social dan berjejaring.

Setelah semua peluang  ditentukan, anda harus memahami bahwa setiap peluang tidak semuanya bisa dijadikan unit usaha dan semua unit usaha belum tentu cocok didirikan oleh bumdes. maka dari itu anda harus membuat  analisis kelayakan usaha dari segi finansial, social dan lingkungan.

Untuk bisa melakukan hal tersebut diatas tentu bukanlah hal yang bisa dilakukan secara ototidak. Salah satu hal yang mempercepat hal tersebut diatas adalah dengan mengikuti Pelatihan BUMDES, Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan tersebut diatas, langsung aja klik tombol Whatsapp yang ada di Layar HP Bapak/Ibu sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *