Penutupan & Penganugerahan Pemenang Desa Brilian

Berbagai Data dari berbagai macam survey indikator menunjukkan bahwa desa lebih tahan dan tangguh dalam menghadapi ancaman resesi akibat pandemi COVID 19 ini. Desa bisa lebih tanggap dalam menghadapi pandemi ini. Baik dari segi penanganan dan untuk membatasi orang yang keluar masuk ke Desa. Semua bisa dilakukan dengan baik di Desa.

Dari segi Ekonomi, Desa pun tidak begitu terdampak bahkan Desa bisa terus melakukan Inovasi bahkan desa-desa tertentu mampu dengan cepat melakukan langkah-langkah tanggap darurat dan kemudian mengarahkan sumberdaya yang dimiliki untuk mendukung dan mempercepat pemulihan Ekonomi.

Semua kisah-kisah Baik ( Success Story ) dan tokoh-tokoh penggerak di desa ( Local Heroes ) tersebut perlu diangkat dan diberi apresiasi, sehingga menjadi sumber inspirasi desa-desa lain dalam tanggap dan pulih lebih cepat dari pandemi COVID-19.

Ada 125 desa tangguh yang terpilih menjadi Desa Brilian yang selanjutnya dilakukan Inkubasi oleh Tim BRI dan BUMDES.ID selama 3 Bulan.  Berbagai macam kegiatan dilakukan selama masa Inkubasi ini diantaranya adalah Webinar Desa Brilian 1-4, Kuliah Whatsapp dan Diskusi Terbuka setiap harinya di Grub Inkubasi Desa Brilian.

Program desa Brilian tidak hanya serial webinar, namun mengumpulkan desa-desa pengerak di masa yang sulit ini harapannya berbagi cerita semangat dan menginispirasi desa lain untuk bangkit di tengah masa yang sulit ini.

Harapannya dari 125 desa ada potensi yang meningkat dan diperluas dari program inkubasi dan kerjasama menghubungkan masing-masing desa dengan partner mitra memperluas pasar dan jangkauan. Selain itu juga terbentuk jejaring desa brilian sebagai pondasi awal untuk membentuk kerjasama.

Program Inkubasi Desa Brilian ini memberikan pengertian ke masyarakat untuk memahami hal-hal yang perlu dilakukan agar desa bisa Mandiri dan Brilian. Desa diberikan pendampingan agar bisa bisa mengelola keuangan usahanya.

Desa ku adalah Hidupku, BRI membangun dari Desa. BRI membuat program Desa Brilian yang diharapkan menjadi desa inovatif dan kreatif sehingga dapat memanfaatkan Sumberdaya.

Desa Brilian merupakan Desa binaan BRI yang memiliki seluruh atau kombinasi dari 4 aspek berikut :
1. BUMDES
BUMDES aktif sebagai penggerak ekonomi desa salah satunya dalam memanfaatkan dana desa untuk kegiatan produktif
2. Innovation
Desa yang kreatif dalam memecahkan masalah kemasyarakatan dan sosial desa.
3. Digital
Digitalisasi yang terimplementasi di desa termasuk keuangan digital dan pemanfaatan produk-produk digital BRI
4. Sustainability
Desa tangguh yang mampu secara berkesinambungan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya

Program Inkubasi Desa Brilian ini sudah memasuki tahap akhir yaitu Penutupan & Penganugerahan Pemenang Desa Brilian. Untuk sahabat yang ingin ikut berpartisipasi sahabat bisa melakukan pendaftaran di Akun Learning.co.id atau silahkan bisa klik ; https://learning.co.id/webinar/desabrilian05

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *