Kick Off Pendampingan: Bumdes ID Siap Orbitkan 10 Desa Pemenang Desa Brilian Sebagai Desa Model

Rudy Suryanto, Founder Bumdes ID memberikan arahan mengenai branding desa unggulan Desa Brilian Batch 1 Tahun 2021

Setelah dinyatakan menang dan masuk ke dalam 10 Desa Brilian Batch 1 Tahun 2021, maka Bumdes ID bersama dengan Bank BRI mulai mempersiapkan program pendampingan untuk mengorbitkan desa-desa baru ini menjadi desa model, unggulan dan mempunyai ciri khas tersendiri yang bisa menjadi nilai jual. “Kami inginnya nanti desa-desa brilian ini akan menjadi desa unggulan yang memiliki ciri khas dalam top mind marketing di tingkat nasional,” ujar Rudy Suryanto, S.E., M.Acc, Founder Bumdes.id saat memberikan pengarahan.

Rudy Suryanto berharap top mind ini bisa dibuktikan bahwa masyarakat nasional tidak hanya mengenal desa-desa unggulan yang saat ini sudah popular. “Masyarakat seharusnya mulai mengenal ada desa-desa unggulan baru di seluruh Indonesia. Tidak lagi melulu Sambirejo dan Nglanggeran. Biarkan Sambirejo terkenal dengan Tebing Breksi, Nglanggeran dengan Gunung Api Purba, Maka sepuluh desa ini akan menjadi marketing unggulan baru,” tambah Rudy.

Sekjend Forum Bumdes se-Indonesia ini mencontohkan salah satu pemenang desa brilian batch 1 Tahun 2021 yaitu Desa Sukalaksana mulai bisa menggarapap komoditi pertanian kopi sebagai komoditi unggulan sehingga bisa menjadi top mind marketing kopi. “Ini akan menjadi focus kita kedepan dalam program pendampingan dan digitalisasi desa di masa pandemic agar terus berkembang,” tambah Rudy. Founder Bumdes.id ini juga menambahkan bahwa banyak lho desa-desa yang tetap terus berpenghasillan miliaran disaat pandemi Covid-19 ini terus menerus menghantam Indonesia.

Kick off Meeting ini dihadiri langsung oleh 10 Kepala Desa dan Direktur Bumdes yang telah ditetapkan oleh tim juri Bumdes.id dan Bank BRI sebagai pemenang. Selain itu, hadir juga dari seluruh Indonesia Kepala Kanwil BRI serta Pimpinan Bank BRI dari kantor pusat Jakarta. Arif Satriya, Senior Divisi Inkubasi menyampaikan pengarahan agar desa-desa terus sustain (berkelanjutan) dan tetap inovatif di masa pandemi ini dengan giat melakukan digitalisasi. “Saya berharap mantra-mantri BRI di pedesaan bisa menjadi financial advisor dan digital advisor dalam membantu desa-desa kita ini menjadi desa model dan unggulan” tambah Arif. Bank BRI sendiri telah menyiapkan skema dan program dalam membantu 10 desa pemenang ini untuk meningkatkan kemampuan digitalisasinya baik di bidang keuangan, pendanaan hingga tabungan dan arus perputaraan uang yang bersifat cashless. BRI memiliki agen brilink, brimo, stroberi, QR Code dan beragam sistem digitalisasi desa yang bisa dimanfaatkan.

Arif Satriya, Senior Divisi Inkubasi Bank BRI Pusat Memberikan Arahan Digitalisasi Desa

Pada sesi ini para kepala desa terkait diminta untuk memaparkan permasalahan, rencana dan proyeksi pengembangan desa kedepan. Para tim konsultan Bumdes.id dan Bank BRI nantinya akan mengarahkan dan memberikan pendampingan. Beberapa kepala desa satu per satu menyampaikan analisa dan masalah-masalah terkait dengan sumber daya sebagai bahan awal tim untuk melakukan kajian. Bumdes.id dan Bank BRI nantinya akan menyiapkan skema untuk branding desa melalui sumber daya yang dimiliki desa-desa tersebut serta mencapai salah satu target unggulannya yaitu memperoleh sertifikat badan hokum Bumdes dan Desa dari Kementerian Desa, Pembangunan Tertinggal dan Transmigrasi.

Beberapa foto-foto Kepala Desa Pemenang Desa Brilian Batch 1 Tahun 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.