Bumdes.id Berhasil Selenggarakan Training of Trainers (TOT) Angkatan 27 Pada Oktober 2021

Bumdes.id Berhasil Selenggarakan Training of Trainers (TOT) Angkatan 27 Pada Oktober 2021

Bumdes.id – Bumdes.id berhasil menyelenggarakan Training of Trainers (TOT) angkatan 27 pada bulan Oktober 2021 yang diikuti oleh empat instansi yakni Universitas Ahmad Dahlan, FEB UMY, BUMdes Karya Mandiri dan BUMNag Paingan Maju Bersama. 

Tidak diragukan lagi bahwa Bumdes.id sebagai konsultan dan aggregator pengembangan Bumdes selalu memiliki cara agar ribuan Bumdes di seluruh Indonesia bisa terus berkembang. 

Training of Trainers (TOT) yang diadakan selama dua hari, dengan pembagian materi menjadi dua yakni hari pertama paparan terkait dengan konsep dan hari terakhir terkait dengan praktek. 

Sebagai pembuka materi diberikan oleh Fandi Galang Wicaksana Konsultan Bumdes.id terkait dengan revitalisasi usaha Bumdes yang sudah mulai dilakukan di Indonesia. 

Revitalisasi usaha BUMDes sudah mulai dilakukan sejak adanya pandemi yang membuat semua hal beralih ke digital, oleh karena itu diperlukan pemetaan bentang desa terlebih dahulu. 

Lalu dilanjutkan dengan pemetaan bentang alam dan pemetaan bentang sosial. Kedua aspek ini penting karena BUmdes sebagian besar memiliki modal yang minim dari anggaran desa. 

Berlanjut ke materi digitalisasi yang membagi level digitalisasi Bumdes yang ada di Indonesia menjadi 3 level yakni Level 1 yaitu Bumdes mampu menyusun katalog online untuk produk.  

Lalu level 2 yaitu Bumdes yang telah mampu memanfaatkan media sosial untuk sosialisasi, menarik perhatian, komunikasi dua arah, memperluas jaringan, membangun komunitas.

Terakhir yakni Level 3 yaitu Bumdes yang mampu membangun dan menguatkan branding lewat kemampuan bercerita (storytelling).

Selain itu masih banyak materi menarik yang diberikan oleh Narasumber yang berpengalaman di bidangnya terkait dengan Bumdes dengan cara diskusi dan pertanyaan langsung. 

Pada hari kedua diberikan materi terkait praktek oleh para konsultan BUMdes.id dan tanya jawab secara intens oleh BUMDes yang bergabung. 

Materi yang diberikan masih terkait dengan revitalisasi tata kelola BUMDes dan mengenai akuntabilitas dan pertanggungjawaban Bumdes untuk menggunakan SAAB. 

Acara ditutup dengan closing statement jangan tinggalkan desa karena desa menjadi masa depan dunia sehingga harus bisa memanfaatkan semua sumber daya yang hal tersebut untuk kemajuan desa serta BUMDes.

Bagi BUMdes yang ingin mengikuti TOT dapat menghubungi Bumdes.id melalui akun whatsapp: 0878-0590-0800 atau dengan Uswah (0812-2719-5090).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *