Materi Roadmap Tata Kelola BUM Desa dan Sharing ToT 28 Kemudo Makmur Sejahtera

Materi Roadmap Tata Kelola BUM Desa dan Sharing ToT 28 Kemudo Makmur Sejahtera

Bumdes.id – ToT 28 meliputi pemberian materi terkait dengan BUM Desa yang telah sukses membangun setiap unit usahanya seperti salah satunya Kemudo Makmur. 

Selama 3 hari mulai tanggal 25 sampai 27 November 2021 kemarin ToT batch 28 berhasil diselenggarakan di Yogyakarta. 

Peserta datang dari berbagai latar belakang organisasi dan institusi seperti Bumdesa Nusantara Anugerah Abadi, Universitas Negeri Malang, Yayasan Investasi Sosial Indonesia dan lain sebagainya.

Materi yang diberikan langsung oleh Kepala Desa dan Direktur BUM Desa Kemudo Makmur terkait dengan bagaimana cara Desa Kemudo mengembangkan unit usahanya. 

Materi pertama diberikan oleh Kepala Desa Kemudo terkait dengan visi misi desa yakni Gerbang Kamanjaya yang berarti Gerakan pembangunan Kemudo Mandiri, Jaya dan Sejahtera. 

Desa kemudo Makmur ingin mandiri artinya memiliki kemampuan untuk pengelolaan potensi desa dengan prinsip-prinsip kemitraan dan kolaborasi untuk bisa mencapai kejayaan dan kesejahteraan masyarakat desa yang menjunjung kebersamaan serta keadilan. 

Berlanjut sejarah pendirian Badan Usaha milik desa yang mulai berdiri sejak 21 Agustus 2016 dan memulai operasional mulai 5 September 2016. 

Dijelaskan juga produk unggulan Desa Kemudo yang diproduksi langsung oleh BUM Desa Kemudo MAkmur Maju Jaya Sejahtera seperti Handycraft Limbah Kayu, Lalu terdapat juga Toko Desa Kamajaya Mart yang menyediakan kebutuhan warga desa. 

Dari unit usaha tersebut total PAD yang berhasil dikumpulkan sebanyak 4,4 M sepanjang tahun 2020 dan terus naik dari tahun ke tahun. 

Beberapa benefit yang didapatkan dari memiliki Usaha BUM Desa Kemudo seperti penyerapan tenaga kerja lokal, adanya peluang usaha baru dan rantai bisnis berbasis pemberdayaan. 

Berlanjut ke materi yang diberikan oleh langsung oleh Direktur BUM Desa Kemudo Makmur yakni Isa Ansori yang menjelaskan Bagaimana awal terbentuknya BUM Desa pada tahun 2016 yang lalu. 

Diberikan juga gambaran terkait dengan roadmap tata kelola BUM Desa Kemudo yang telah berjalan dan diterapkan. 

Selain itu salah satu poin menarik yang diberikan oleh Direktur BUM Desa Kemudo yakni peran generasi muda sangatlah penting dalam kemajuan sebuah desa. 

Desa akan sangat sulit berkembang dan maju apabila generasi muda tidak ikut serta dan mengambil bagian dalam pembangunan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *