Tim Bumdes.id Berhasil Gelar Pelatihan dan Pendampingan Inovasi Pengolahan Sampah TPS 3R

Tim Bumdes.id Berhasil Gelar Pelatihan dan Pendampingan Inovasi Pengolahan Sampah TPS 3R

Bumdes.id – Tim Bumdes.id berhasil menggelar pelatihan dan pendampingan untuk BUM Desa Tumang, Desa Cepogo Boyolali yang berhasil menjadi pemenang 10 besar Desa Brilian batch 1. 

Pelatihan diselenggarakan pada senin 15 November 2021 bersama dengan Bapak Felani selaku Direktur BUM Desa Tumang yang ditemani dengan Ibu Indri Sekretaris BUM Desa dan Ibu Venny Bendahara BUM Desa.

Acara pelatihan yang berkaitan dengan pengelolaan sampah tersebut dihadiri pula oleh lima mahasiswa magang BRI. 

Materi yang diberikan terkait dengan bidang inovasi BUM Desa tentang Design Thinking Tempat Pengelolaan Sampah, Reduce Reuse Recycle (TPS 3R) dan budidaya maggot. 

Materi yang diberikan diterima dengan baik oleh mahasiswa dan perwakilan BUM Desa Tumang sebagai bagian upaya untuk penerapan di unit usaha BUM Desa Tumang Cepogo.

Sasaran kegiatan pendampingan BUM Desa Tumang untuk memberikan pengetahuan dan inovasi yang berkaitan dengan unit usaha TPS 3R yang dimiliki oleh BUM Desa. 

Penyusunan desain thinking TPS 3R dan budidaya maggot ini memiliki 4 tujuan yakni sebagai berikut: 

(1) Memilah dan mengolah sampah anorganik menjadi pupuk atau bijih plastik dan sampah organik menjadi media budidaya maggot. 

(2) Mengurangi volume sampah anorganik dan sampah organik. 

(3) Mengurangi tingginya biaya persampahan di Kabupaten Boyolali. 

(4) Membangun kesadaran komunal dalam pengolahan sampah anorganik dan organik. 

Kegiatan pendampingan dilanjutkan dengan pemberian materi terkait dengan penyusunan pelaporan keuangan kami melatih dan mendampingi bendahara BUM Desa mulai dari analisa transaksi, penjurnalan, buku besar, dan laporan keuangan BUM Desa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *