ToT Batch 26 Bertemakan Peran Penting Pemuda dalam Menggerakkan Ekonomi Desa Berhasil Diselenggarakan Bumdes.id

Bumdes.id Berhasil Menyelenggarakan ToT Batch 26 Bertemakan Peran Penting Pemuda dalam Menggerakkan Ekonomi Desa

Bumdes.id – Tim Bumdes.id sekali lagi berhasil menyelenggarakan Training Of Trainer (ToT) batch 26 secara online pada Rabu 29 sampai 30 September 2021. 

ToT diikuti oleh 32 peserta yang diselenggarakan online via Zoom yang berhasil diikuti oleh berbagai elemen seperti universitas, masyarakat dan Bumdes yang mengikuti acara ini. 

Sambutan diberikan langsung oleh Direktur Operasional dan Kerjasama Meravi.id yaitu Diana Septi A terkait dengan pengumuman bahwa akhirnya ToT reguler bisa dilakukan kembali untuk beberapa bulan kedepan. 

Mulai Bulan Agustus 2021 kemarin diharapkan melalui acara ToT dapat saling bersinergi dan berkolaborasi antara BUM Desa.id/Meravi.Id dengan akademisi,  BUM Desa, dan stakeholder.  

Sambutan selanjutnya diberikan oleh bapak Mahfud yang mewakili Universitas Muhammadiyah Madiun yang mengatakan bahwa untuk memajukan negeri dibutuhkan kerjasama yang baik antara BUM Desa, universitas di Indonesia dan masyarakat. 

Acara dilanjutkan dengan materi yang diberikan oleh Rudy Suryanto yang merupakan Founder BUM Desa.id dan Sekjend Forum BUM Desa Indonesia terkait dengan  Materi Filosofi BUM Desa dan Teknik Fasilitasi serta Memajukan BUM Desa Paska PP No.11 Tahun 2021. 

Bumdes.id Berhasil Menyelenggarakan ToT Batch 26 Bertemakan Peran Penting Pemuda dalam Menggerakkan Ekonomi Desa

Selain itu BUM Desa juga diberikan strategi revitalisasi dan badan hukum yang jelas untuk memberikan landasan hukum bagi kegiatan yang dilakukan untuk memajukan masyarakat yang ada di wilayah tersebut. 

Perlu diketahui bahwa usaha BUM Desa terdapat dua pilihan yakni bidang ekonomi yang meliputi kegiatan usaha produksi, perdagangan dan jasa, yang kedua yakni bidang layanan umum yang meliputi pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. 

Rudy Suryanto memberikan banyak materi menarik terkait permasalahan dan kendala yang biasa dihadapi di desa terkait dengan BUM Desa yang ada di Indonesia. 

Materi dilanjutkan oleh Agus Setyanta, S.Sos selaku Direktur BUM Desa Amarta yang memberikan sharing praktik terkait dengan pengelolaan BUM Desa.

Salah satu hal menarik yang diberikan oleh Agus Setyanta terkait dengan pengelolaan BUM Desa Amarta, bahwa dalam mengelola BUM Desa membutuhkan jiwa entrepreneur, bukan melihat uang tapi apa yang bisa disumbangkan untuk sosial masyarakat. 

Selain itu juga nilai sosial yang harus diperlihatkan dari BUM Desa. Badan usaha bisa menghidupi diri sendiri, kemanfaatan sosial, dan tidak merugikan orang  lain.

Bumdes.id Berhasil Menyelenggarakan ToT Batch 26 Bertemakan Peran Penting Pemuda dalam Menggerakkan Ekonomi Desa

Begitulah ToT Batch 26 yang berhasil dilakukan diakhiri dengan closing statement bahwa selaku pengelola BUM Desa harus bisa mengelola semuanya dengan baik untuk  tujuan bersama dan agar masyarakat sejahtera.

Perlu diketahui bahwa untuk ToT batch 28 akan dilakukan secara offline. Bagi yang berada di Kota Yogyakarta Ingin mengikuti ToT dapat menghubungi BUM Desa.id melalui akun whatsapp: 0878-0590-0800 atau dengan Uswah 0812-2719-5090.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *