Webinar Matching Fund Tahun 2021 “Peningkatan dan Penguatan Skala usaha BUMDes melalui Akselerasi di Bidang Digitalisasi”

Webinar yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Universitas Pendidikan Ganesha pada tanggal 6 november 2021. Pada acara Webinar Matching Fund ini mengangkat Tema Peningkatan dan Penguatan Skala usaha BUMDes melalui Akselerasi di Bidang Digitalisasi guna untuk Peningkatan dan Penguatan Usaha Bumdes Eka Giri Karya Utama Desa Wanagiri Melalui Akselerasi di Bidang Digitalisasi Ekonomi. Materi yang akan disampaikan oleh Bapak Rudy Suryanto berjudulkan “Revitalisasi dan Digitalisasi Bumdes dengan Kolaborasi Bersama Kampus dan Dunia usaha & Industri”.

Cara Revitalisasi Bumdes yang pertama adalah Revitalisasi Tata Kelola Bumdes yaitu Bumdes Bersertifikat Badan Hukum (PP 11/2021), kemudian Revitalisasi usaha Bumdes sangat membutuh modal (Finansial / Non-finansial). Selain itu juga bagaimana Bumdes berperan dengan cara mencari cara untuk mengubah masalah menjadi sebuah peluang usaha dengan pendekatan bisnis berbasis sosial, sehingga kita perlu melakukan Pemetaan bentang Alam dengan mencari lahan kosong yang belum dikelola, pemetaan kelompok masyarakat dsb.

Dalam menyusun Rencana Revitalisasi usaha Bumdes Kita perlu memperhatikan tiga hal yaitu Konteks Bumdes dengan memahami Bumdes sebagai organisasi hybrid, memahami dinamika perubahan lingkungan global nasional dan lokal. Kemudian harus mencari ruang kosong seperti pengumpulan data dengan pemetaan bentang, analisa peluang usaha dengan sosial, perancangan rencana usaha dengan design thinking. Selain itu juga perlu memperhatikan Kelayakan yang mencangkup Finansial, Sosial, Lingkungan dan Budaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *