Alur Pendaftaran Badan Hukum BUM Desa

Hukum administrasi menegaskan bahwa kedudukan BUMDes/ BUMDesma dalam konteks “hukum untuk penyelenggaraan Pemdes dan Pemerintah Antar Desa”. Pemdes bertugas dalam penyelenggaran urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem pemerintahan NKRI.

Oleh karenanya, sebagai suatu sistem kenegaraan, BUMDes menurut aturan terbaru diwajibkan untuk mengajukan dan melakukan proses registrasi pendaftaran di kementerian. Mengenai registrasi pendaftaran diatur dalam Pasal 8 ayat (1) dan Pasal 9 PP No. 11/2021.

Seperti yang sudah dijabarkan dalam Pasal 8 bahwa: “BUMDes/BUMDesma memperoleh status badan hukum pada saat diterbitkannya sertifikat pendaftaran elektronik dari Kemenkumham. Prosedur dalam perolehan sertifikat itu dijelaskan dalam Pasal 9:

(1) Untuk memperoleh status badan hukum sebagaimana yang dimaksud pada Pasal 8 ayat (1), Pemdes melakukan pendaftaran BUMDes/ BUMDesma kepada menteri melalui sistem informasi desa;

(2) Hasil pendaftaran BUMDes/BUMDesma terintegrasi dengan sistem administrasi badan hukum pada Kemenkumham;

(3) Hasil pendaftaran BUMDes/BUMDesma menjadi dasar Kemenkumham untuk menerbitkan sertifikat pendaftaran badan hukum BUMDes/ BUMDesma.

(4) Ketentuan mengenai pendaftaran BUMDes/BUMDesma diatur dengan peraturan menteri.

(5) Ketentuan mengenai penerbitan sertifikat pendaftaran badan hukum BUMDes/BUMDesma diatur dengan peraturan Kemenkumham.

Singkatnya, ketentuan tersebut diawali dengan melakukan pendaftaran BUMDes/BUMDesma di Kemendes PDTT sebagai tupoksi pengembangan perekonomian skala desa, setelah Kemendesa PDTT memberi validasi atas nama BUMDes dan bukti pendaftaran, dilanjutkan ke Kemenkumham untuk didokumentasikan.

Dokumentasi ini berupa pemberian sertifikat untuk setiap BUMDes/ BUMDesma. Dengan adanya sertifikat itu maka BUMDes memiliki legal standing (kedudukan yang sah di hadapan hukum). Lebih jelasnya alur badan hukum BUMDes sebagai berikut:

Gambar 3. Alur Pendaftaran Badan Hukum BUMDes/BUMDesma

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *