Apakah Perlu Membuat RBA untuk Suatu BUM Desa?

Apakah Perlu Membuat RBA untuk Suatu BUM Desa?
Apakah Perlu Membuat RBA untuk Suatu BUM Desa?

Bumdes.id – Dalam memulai suatu bisnis, apakah perlu membuat Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA)? RBA merupakan singkatan dari Rencana Bisnis dan Anggaran. 

RBA adalah dokumen perencanaan bisnis dan penganggaran yang berisikan mengenai program, kegiatan, target kinerja dan anggaran suatu Bisnis. 

RBA merupakan rencana dalam jangka pendek yang dapat menggambarkan rencana jangka panjang yang terdapat dalam dokumen. RBA disusun sebagai pedoman dalam pelaksanaan dan pencapaian anggaran. 

Dalam Rencana Bisnis dan Anggaran  memuat mengenai informasi-informasi, sebagai berikut :

  1. Seluruh program dan kegiatan
  2. Target 
  3. Kondisi dari kinerja dalam tahun berjalan
  4. Asumsi makro dan mikro
  5. Kebutuhan belanja dan kemampuan pendapatan 
  6. Perkiraan biaya 

Dengan adanya RBA dalam suatu BUM Desa dapat membantu sebagai tolok ukur keberhasilan suatu bumdes. Pengurus BUM Desa akan mengetahui dan memahami sejauh mana perkembangan dan kemajuan usahanya. 

RBA juga membantu dalam membuat perencanaan pembiayaan, sehingga dapat  mengontrol setiap anggaran yang penting dan yang tidak terlalu penting maka dapat terjaga kestabilan pengelolaan keuangan BUM Desa. 

RBA dalam suatu BUM Desa sangat diperlukan untuk bahan evaluasi bagi BUM Desa, yang memuat target kinerja yang dicapai. Sehingga dapat memperbaiki dan mematangkan persiapan untuk periode berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *