Aspek Penting dalam Laporan Keuangan BUM Desa: Transparansi

Bumdes.id – Seiring dengan perubahan status BUM Desa menjadi badan hukum sesuai dengan PP no 11 tahun 2021. Pelaporan dan pertanggungjawaban terkait dengan keuangan BUM Desa menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan oleh pihak BUM Desa. 

Laporan keuangan BUM Desa dijadikan sebagai bahan pertanggungjawaban kepada pihak eksternal terkait dengan bagaimana dana desa dikelola dan dialokasikan. Hal ini tidak terlepas dari aspek penting yang harus ada dalam pengelolaan BUM Desa yaitu transparansi. 

Berdasarkan Kerangka konseptual Standar Akuntansi Pemerintahan (2005), transparansi didefinisikan sebagai pemberian informasi keuangan yang terbuka dan jujur kepada masyarakat berdasarkan pertimbangan bahwa masyarakat memiliki hak untuk mengetahui secara terbuka dan menyeluruh atas pertanggungjawaban pemerintah dalam pengelolaan sumber daya yang dipercayakan kepadanya dan ketaatannya pada peraturan perundang-undangan. 

Transparansi merupakan aspek penting yang harus ada dalam pengelolaan keuangan BUM Desa, mengingat masyarakat memiliki hak atas informasi pertanggungjawaban pengelolaan keuangan BUM Desa. Hal ini juga dapat mencerminkan terkait kejujuran pihak pengelola BUM Desa dalam mengelola keuangan.

Pertanggungjawaban terkait dengan pengelolaan keuangan yang jujur oleh pihak BUM Desa mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pihak pengelola BUM Desa.

Salah satu dampak positif akan transparansi yang dilakukan oleh pihak BUM Desa adalah masyarakat percaya untuk menyertakan modal ke BUM Desa untuk dikelola dengan skema bagi hasil. 

Hal ini dapat berdampak pada meningkatnya jumlah investor BUM Desa dan meningkatnya jumlah modal yang dapat dikelola oleh BUM Desa. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *