Kenapa Laporan Keuangan Penting Untuk Perusahaan?

Kenapa Laporan Keuangan Penting Untuk Perusahaan?
Kenapa Laporan Keuangan Penting Untuk Perusahaan?

Bumdes.id – Laporan Keuangan perusahaan memiliki peranan penting untuk mengetahui perkembangan sebuah perusahaan. Kenapa Laporan Keuangan Penting Untuk Perusahaan? Yuk simak artikel dibawah ini

Melalui laporan keuangan tersebutlah perusahaan bisa mengetahui apakah perusahaan mendapatkan keuntungan atau justru kerugian dalam kurun waktu tertentu. 

Laporan keuangan itu sendiri adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. 

Laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan dimana biasanya sering dilakukan audit oleh Lembaga pemerintah, akuntan atau Lembaga lainnya dengan tujuan untuk memastikan kebenaran juga untuk tujuan pajak, pembiayaan atau investasi.

Pada umumnya dalam finance dan accounting terdapat beberapa data yang ada pada laporan keuangan, seperti neraca, laporan laba/rugi, laporan arus kas dan catatan lain terkait laporan keuangan. 

Data tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, termasuk sebagai acuan dalam mengambil kebijakan perusahaan.

Karena bagaimanapun kinerja keuangan yang baik dapat mencegah fraud pada perusahaan serta menjadi salah satu penentu kesuksesan perusahaan dalam meraih keuntungan. 

Jika perusahaan ingin mendapatkan keuntungan, maka sangat disarankan untuk Menyusun laporan keuangan.

Laporan keuangan dibuat tentunya bukan tanpa tujuan yang jelas, yang mana diharapkan dapat membantu perusahaan menjadi lebih baik, memiliki keuangan yang sehat dan bisa mencapai tujuan utama, yaitu keuntungan dan pengembangan bisnis. 

Pada setiap periode tertentu, perusahaan perlu melakukan analisis laporan keuangan yang mana bertujuan untuk mengetahui kondisi perusahaan dan sebagai pengambilan keputusan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *