Memahami Pentingnya Pengetahuan Akuntansi Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Bum Desa

Memahami Pentingnya Pengetahuan Akuntansi Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Bum Desa
Memahami Pentingnya Pengetahuan Akuntansi Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Bum Desa
Memahami Pentingnya Pengetahuan Akuntansi Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Bum Desa

Bumdes.id – Pendirian dan pembentukan BUM Desa seperti yang dijelaskan di Permendes PDTT No. 3 Tahun 2021 bahwa diharapkan bisa mengelola, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa layanan atau jenis usaha lainnya untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat Desa.

BUM Desa sebagai lembaga sosial yang berfokus pada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial dan peningkatan usaha untuk segi ekonomi. 

Dalam menjalankan usahanya prinsip efisiensi dan efektifitas harus selalu ditekankan dengan tetap memegang teguh akuntabilitas BUM Desa. Tidak hanya itu, dengan adanya BUM Desa diartikan sebagai upaya dalam menampung seluruh kegiatan di bidang ekonomi dan pelayanan umum yang dikelola oleh Desa atau kerjasama antar-Desa.

Setiap BUM Desa diharapkan membuat laporan keuangan sesuai dengan Permendesa No. 3 Tahun 2021 Bagian Kedua Pasal 26 ayat 6 yang dimana bahwa pihak BUM Desa diharuskan untuk memiliki pemahaman tentang pencatatan, pembukuan, sampai pembuatan laporan keuangan untuk menganalisis kinerja keuangan sehingga dapat memberikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja serta arus kas. 

Dengan itu, BUM Desa akan memberikan manfaat bagi pihak-pihak pengguna laporan keuangan untuk mengambil keputusan-keputusan ekonomi serta pertanggungjawaban manajemen atas penggunaan sumber daya yang ada.

Dasar dari laporan keuangan adalah output dari proses akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat untuk menjelaskan atau merincikan data keuangan atau aktivitas perusahaan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. 

Oleh karena itu, sangat diharuskan bahwasanya pihak BUM Desa yang berkaitan dengan pembuatan laporan keuangan diharuskan memiliki pengetahuan tentang akuntansi untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan dan bisa membuat laporan keuangan yang baik dan lengkap untuk BUM Desa sesuai standar akuntansi yang ada, Permendesa No.3 Tahun 2021, dan PP No. 11 Tahun 2021 sehingga bisa dengan lengkap dan benar dalam penyusunan laporan keuangan. 

Untuk meningkatkan pengetahuan akuntansi dalam pembuatan laporan keuangan, maka pihak BUM Desa melakukan pelatihan khusus dikarenakan sekarang laporan keuangan untuk BUM Desa harus dilengkapi dengan laporan realisasi anggaran juga, tidak hanya laba/rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan posisi keuangan (neraca), arus kas, dan CALK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *