Peluang Bisnis PPOB bagi BUM Desa

Peluang Bisnis PPOB bagi BUM Desa

Pembahasan RanPerbup Tata Kelola BumdesMart dan Pengembangan BumdesMart untuk FGD Pengembangan di Kabupaten Blitar

Bumdes.id – PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Bank yang berarti pembayaran online melalui Bank. Lebih sederhananya adalah bahwa dengan PPOB maka mempunyai manfaat yaitu dapat membuka jasa pembayaran tagihan seperti PLN, BPJS, Telkom dan tagihan lainnya dimana saja seperti di rumah atau di tempat usaha yang sahabat miliki. 

Peluang bisnis ppob menjadi salah satu topik perbincangan hangat yang pada dasarnya memiliki berbagai sudut pandang yang bagus dalam dunia bisnis dan implementasinya dalam memberikan berbagai layanan jasa yang memudahkan masyarakat. 

PPOB merupakan sebuah istilah integrasi layanan pembayaran atau bisnis jasa yang dapat mencakup beberapa aspek dan sudah berlangsung kegiatan bisnis ini secara bertahun-tahun sampai pada tingkat perkembangan teknologi seperti sekarang ini desa memiliki peran yang strategis yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pembangunan di desa itu sendiri.

Peran-peran lembaga yang ada desa selalu menjadi ujung tombak dalam mewujudkan cita-cita atau visi dalam hal pembangunan desa. Satu lembaga yang memiliki peran strategis dan menjadi ujung tombak pengembangan ekonomi di desa adalah BUM Desa. 

BUM Desa menjadi salah satu badan usaha yang memiliki banyak peran terhadap pengembangan ekonomi sesuai dengan potensi desa. 

Banyak sekali potensi dan produk unggulan yang berbasis atau berbahan lokal yang bisa dikembangkan melalui peran serta BUM Desa.

Selain itu BUM Desa merupakan lembaga yang mendapatkan support penuh dari desa melalui APBDes atau anggaran desa yang bisa diusulkan setiap tahunnya.

Banyak sekali potensi dan pilihan bisnis yang bisa dikembangkan oleh BUM Desa dan itu disesuaikan dengan karakteristik dan potensi desa dimana antara satu desa dengan satu desa lainnya bisa saja tidak selalu sama. 

Bagi BUM Desa yang sudah membuat layanan usaha baik itu pengembangan usaha dibidang produksi yang menghasilkan produk tetapi ada juga yang menghasilkan atau memberikan layanan jasa seperti pengelolaan tempat-tempat wisata lalu bagaimana peluang usaha ppob bisa dikembangkan di desa. 

BUM Desa dapat menambah unit usaha atau layanan usaha tambahan atau pelengkap untuk bidang jasa salah satunya adalah layanan PPOB. Untuk membuka unit ini juga tidak perlu modal besar dengan unit layanan PPOB maka dapat juga melayani kebutuhan masyarakat di desa seperti

  1. Pembayaran tagihan listrik, pdam, bpjs kesehatan, indihome, leasing dll
  2. Pembelian pulsa dan paket data
  3. Top-up e-money
  4. Serta layanan lainnya yang bisa difasilitasi dalam pembayaran PPOB

Untuk pertama mungkin layanan dapat diberikan kepada lingkup sekitarnya sampai pada layanan seluruh masyarakat desa dengan layanan PPOB ini diharapkan juga menjadi lini penghasilan lain yang dapat menambah pendapatan BUM Desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *